Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cafe Binaan HCML Ini Memikat Hati Para Wisatawan, Jadi Bikin Penasaran...

Cafe Binaan HCML Ini Memikat Hati Para  Wisatawan, Jadi Bikin Penasaran... Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Surabaya -

Bicara wisata di Kabupaten Pasuruan, Jatim,  tidak selalu bicara  soal suasana wisata  pegunungan. Menikmati semilir angin dan deburan ombak bisa jadi alternatif melepas lelah. Sembari bersantai, tepat rasanya memanjakan lidah dengan sajian menggiurkan di Cafe Laut Semare. Pikiran bisa segar sekaligus perut kenyang.

Tempat makan dan kongkow yang berlokasi di Desa Semare, Kecamatan Kraton ini menawarkan beragam menu sari laut (seafood). Mulai dari ikan, udang, cumi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Ada Rencana Boikot Dampak Penolakan UAS, Sandiaga Ungkap Fakta: Jumlah Wisatawan Singapura...

Uniknya, cafe yang merupakan binaan Husky CNOOC Madura Limited (HCML) ini menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat. Mulai dari penyediaan stok bahan baku hingga pengelolaan dijalankan dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Specialist Relations, Ali Aliyudin menjelaskan Cafe Laut Semare yang dibuka pada 29 Agustus 2019 ini merupakan salah satu dampingan dari HCML untuk program pengembangan masyarakat. Cafe yang diinisiasi Kepala Desa Semare sebelumnya, Yazid Abdi ini membawa semangat untuk menjadi tujuan wisata lokal yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Sebelum pandemi, orang mendirikan warkop sudah banyak. Akhirnya tercetus ide membuat kafe dengan mengangkat kekhasan yaitu terletak di pesisir dan berdiri di atas laut," kata Ali sapaannya saat di temui Warta Ekonomi di pameran UMKM pra-Forum Kapasitas Nasional 2022 di Hotel Shangri La, Surabaya kemarin

Tak hanya itu saja kata Ali , pihak HCML juga membantu penyediaan pelatihan bagi kelompok sadar wisata (pokdarwis). Juga memfasilitasi peningkatan kapasitas manajerial di tim manajemen Cafe Laut Semare.

Baca Juga: PHE WMO Perkenalkan Situs E-commerce Khusus UMKM Binaan, Ternyata Fungsinya Begini...

"Kami juga memfasilitasi pelatihan peningkatan SDM, seperti pelatihan manajemen dan keuangan," ujarnya.

Halaman:

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan