Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Orang PDIP Sendiri yang Sebut Pidato Jokowi Multitafsir, Bisa Diartikan Perpanjangan 3 Periode

Orang PDIP Sendiri yang Sebut Pidato Jokowi Multitafsir, Bisa Diartikan Perpanjangan 3 Periode Kredit Foto: Instagram/Joko Widodo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Politikus PDIP Masinton Pasaribu menyebut pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dukungan Capres 2024 dalam Rakernas Projo tidak serta merta mengarah pada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Masinton menyebut presiden kader PDIP itu bisa diartikan multitafsir, bisa berarti Jokowi mendukung Ganjar atau mendukung pejabat lain yang hadir di situ, seperti Moeldoko atau anggota Wantimpres, Sidarto Danusubroto, bahkan pula bisa berarti perpanjangan masa jabatan presiden 3 periode.

Baca Juga: Jokowi Bandingkan Harga BBM Indonesia dan Singapura, Said Didu Langsung Kasih Kritik Telak!

"Kalau saya memaknai, yang ada di situ kan ada pak Wantimpres, ada pak Moeldoko, ada pak Ganjar, dan ada pak Jokowi. Ya saya enggak tahu mau dukung siapa. Terus ada teriakan 3 periode. Ya enggak tahu, apakah dukung 3 periode atau apa?" kata Masinton saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Meski begitu, Masinton menegaskan partainya tetap solid bahwa keputusan pencalonan Calon Presiden harus ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kalau kami keputusan partai itu ada di Bu Ketum. Ya acuan kami itu. Kalau ada kemarin itu kan bukan forum parpol. Itu forum Ormas Projo," ucapnya.

Masinton menyebut pembahasan strategi Pemilu 2024 baru akan dibahas PDIP pada rapat kerja nasional (Rakernas) kedua pada 10-13 Juni 2022 mendatang.

"Itu kan enggak mau campurilah urusan ormas lain (Projo), yang jelas kalau PDIP forumnya nanti bulan 6 mau ada rakernas," tutur Masinton.

Sebelumnya, Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Projo di Balai Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2022).

Dalam pertemuan itu juga hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam sambutannya Jokowi menyinggung perihal kontestasi calon presiden menuju Pilpres 2024.

"Yang berkaitan dengan politik, karena kita fokus selesaikan masalah itu, maka ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini (di arena Rakernas)," kata Jokowi.

Baca Juga: Bukan Prabowo atau Ganjar, Pengamat Sebut PDIP Mulai Dekati Sosok Ini untuk Pilpres 2024

Pernyataan Jokowi "yang kita dukung hadir di sini" ini dibaca Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya sebagai kode dukungan untuk Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024.

"Saya lebih melihat ini awal mula bahwa bahasa simbol yang kuat, katakanlah ini arah dukungan ke Pak Ganjar," kata Yunarto, Minggu (22/5/2022).

Dia menjelaskan Ganjar memiliki rating atau peringkat popularitas dan elektabilitas paling tinggi di antara figur-figur yang disebut dalam lembaga survei kredibel. Ganjar juga sering disebut sebagai penerus Jokowi sebagai Presiden periode 2024-2029.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan