Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Green Investment Jadi Kunci Kontribusi Anak Muda dalam Ciptakan Masa Depan Planet Berkelanjutan

Green Investment Jadi Kunci Kontribusi Anak Muda dalam Ciptakan Masa Depan Planet Berkelanjutan Kredit Foto: Freepik/Indylooker
Warta Ekonomi, Jakarta -

Green investment disebut dapat menjadi kunci penting kontribusi anak muda untuk menciptakan masa depan bumi yang lebih berkelanjutan dan layak huni. 

Green investment telah menjadi tren di pasar global dalam tiga hingga lima tahun terakhir. Hal ini tercermin dari derasnya arus modal yang mengalir ke perusahaan-perusahaan tersebut hingga mencapai US$7,3 miliar pada kuartal I 2020, menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah. Meski demikian, tren green investment masih belum populer di kalangan anak muda Indonesia.

Baca Juga: Inalum Tegaskan Dukung Green Economy Indonesia dan Pelestarian Kawasan Strategis Nasional Danau Toba

"Seiring tumbuhnya tren tersebut di kalangan publik, Indonesia membutuhkan kerangka peraturan yang mendukung green investment," ujar Wilson Andrew, VP External Affairs Pluang, dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5).

Green investment itu sendiri berfokus pada perusahaan atau proyek yang berkomitmen pada konservasi sumber daya alam, pengurangan polusi, atau praktik bisnis sadar lingkungan lainnya. Inisiatif ini juga bisa dimulai dengan mendukung perusahaan-perusahaan yang melakukan praktik bisnis ramah lingkungan lewat green investment.

Dalam hal ini, Pluang mendukung upaya pemerintah dalam pembuatan regulasi guna menciptakan situasi kondusif dalam green investment dan peningkatan modal di Indonesia.

Pluang mendukung inisiatif-inisiatif yang telah dicanangkan pemerintah dalam green investment. Salah satu kontribusi Pluang ialan menyediakan produk-produk yang tergolong dalam Green Investment dalam kategori aset Indeks saham Amerika.

Pengguna Pluang bisa berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang telah dikategorikan sebagai green equity. Saham perusahaan dapat dikatakan green equity apabila perusahaan memperhatikan aspek lingkungan dan sumber daya alam baik dalam melalui alokasi dana maupun kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan.

Selain itu, Pluang juga bekerja sama dengan perusahaan manajemen aset Indonesia PT Batavia Prosperindo Asset Management (BPAM) dalam memasarkan produk reksa dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD.

Produk reksa dana ini merupakan produk syariah berdenominasi USD yang berinvestasi di pasar saham global dengan mengedepankan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environmental, Social and Governance/ESG) serta merupakan produk reksa dana global pertama dan satu-satunya yang mengusung konsep ESG di Indonesia saat ini.

Ke depannya, Pluang berkomitmen menambah green equity dalam produk-produk investasi guna mendorong pembelian terhadap produk investasi yang ramah lingkungan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan tren green investment di kalangan anak muda dan menjadi langkah bersama untuk bersama menciptakan planet yang berkelanjutan dan layak huni di masa depan.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan