Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cerita Sukses SBY Jadi Presiden Bisa Ditiru Anies

Cerita Sukses SBY Jadi Presiden Bisa Ditiru Anies Kredit Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai peluang Anies Baswedan untuk dilirik partai politik terkait Pilpres 2024 besar.

Anies tetap menarik meski tidak memiliki kendaraan politik dalam bentuk keanggotaan partai.

"Meski pada Oktober 2022 Anies tak lagi jadi Gubernur DKI Jakarta, saya kira dia tetap punya daya tarik bagi parpol. Cuma parpol level menengah yang belum punya calon presiden," ujarnya saat dikutip dari Republika, Rabu (25/5/2022).

Ia menjelaskan, Anies tetap menarik bagi partai politik level tengah yang belum memiliki calon presiden karena punya modal elektoral yang cukup besar di atas 20 persen. Selain itu, dia melanjutkan, Anies masuk dalam jajaran tiga kandidat yang punya elektabilitas tinggi.

Itu yang membuat dia jadi figur yang jadi opsi bagi partai-partai politik, terutama parpol menengah untuk dicalonkan dalam pilpres 2024. Mengenai parpol menengah yang diperkirakan melirik Anies, ia menyebutkan contohnya seperti Nasdem atau Partai Keadilan Sejahtera (PKS) atau Partai Amanat Nasiomal (PAN), bahkan mungkin Partai Demokrat.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan