Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiga Aksi Heroik Satpam BRI Gagalkan Perampok dan Ancaman Kejahatan

Tiga Aksi Heroik Satpam BRI Gagalkan Perampok dan Ancaman Kejahatan Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Petugas keamanan atau Satuan pengamanan ( Satpam) yang bekerja di Bank  tentu sedikit berbeda dengan petugas satpam di sektor lain, petugas keamanan di Bank selain fungsi utamanya sebagai petugas keamanan sebagai garda terdepan dalam mengamanan dan melindungi segala aktivitas operasional di bank termasuk keamanan nasabah dari ancaman kejahatan ia juga dituntut memiliki sikap yang ramah, proaktif dan piawai dan mengerti dasar- dasar layanan dan transaksi perbankan untuk mrmbantu para nasabah. 

Sebagai satpam bank yang ramah, murah senyum namun juga harus memiliki keberanian dalam bertidak  menghadapi segala bentuk ancaman keamanan. Untuk itu satpam tentu harus memiliki keberanian dan nyali yang besar serta bertindak cepat dan terukur demi keselamatan karyawan dan nasabah, meski kadang berisiko tinggi. 

Bambang Parulian, Pemimpin Cabang BRI Majalengka menceritakan salah satu kejadian tindak kejahatan di kantor Cabang yang dipimpinya. Seorang Satpam Bank BRI  Unit Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Asep Firman baru-baru ini (23/5/2022) bertidak berani  menghadapi upaya perampokan dengan ancaman bom rakitan. 

Menurut Bambang, saat kejadian tersangka perampok mengancam akan meledakan bom jika permintaannya berupa uang Rp30 juta tidak dipenuhi pihak bank. Namun Satpam Asep Firman berhasil menggagalkan dan membekuk sang perampok.

Mendapatkan laporan, pihak Kepolisian datang bersama tim Gegana ke lokasi. Melucuti rangkaian kabel yang tampak seperti bom dari tubuh tersangka. Beruntung ternyata bom yang dibawanya ternyata bom palsu.

Selain kejadian di Majelangka, menurut Bambang ada dua kejadian lainya yakni di Sumatera Utara dan di Depok.

Pada Januari 2022 lalu, di Pematang Siantar, Sumatera Utara dua orang satpam BRI berhasil menggagalkan aksi penipuan terhadap seorang nasabah Lansia yang sedang melakukan transaksi pengambilan uang tunai di dalam galeri ATM di Peristiwa ini bermula saat mekanisme keamanan, mesin ATM secara otomatis meminta penggantian pin bila kartu tersebut lama tidak digunakan. 

Pelaku menawarkan bantuan proses ganti PIN kepada nasabah lansia yang sedang melakukan transaksi di mesin ATM tersebut. Pelaku lalu membantu mengganti PIN. Namun, dengan cepat dia juga melakukan penarikan tunai. Ketika ATM memproses uang. Dalam proses tersebut kartu akan keluar terlebih dahulu, baru kemudian uang tunai. Waktu singkat inilah yang menjadi celah pelaku menipu korban. Namun ketika  melakukan aksinya tersebut pelaku berhasil diamankan oleh Satpam BRI yang mengawasi gerak gerik pelaku yang mencurigakan tersebut.

Sementara di BRI Depok, Jawa Barat Satpam Bank BRI berhasil menangkap WNA Pelaku Skimming di  Depok, Jawa Barat pada 19 Mei 2022 lali. 

Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal negara Latvia berhasil diamankan Satpam BRI, lantaran diduga melakukan tindakan skimming, yakni tindak kriminal pencurian informasi kartu kredit/debit menggunakan alat khusus (Skimmer). WNA tersebut dibekuk Kepolisian setelah mencoba mencuri informasi di salah satu kantor Bank BRI yang berada di kawasan Beji, Depok, Jawa Barat.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Bagikan Artikel:

Video Pilihan