Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Startup Diterpa Isu Miring, Telkom Pastikan Tetap Lakukan Investasi

Startup Diterpa Isu Miring, Telkom Pastikan Tetap Lakukan Investasi Kredit Foto: Telkomsel
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) masih akan berinvestasi pada perusahaan rintisan atau startup ditengah banyaknya yang melakukan restrukturisasi usaha termasuk pengurangan jumlah karyawan. 

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan Telkom akan lebih hati-hati dalam berinvestasi di perusahaan rintisan. 

Baca Juga: Siapkan Capex Rp40 Triliun, Simak Rencana Telkom di 2022

"Memang kalau kita lihat memang beberapa bulan ini terjadi substansi di-startup seluruh global. Dengan begitu kami tetap akan berinvestasi di startup-startup tersebut, tentunya akan lebih berhati-hati," ujar Ririek dalam konferensi pers virtual, Jumat (27/5/2022).

Ririek mengatakan, dalam melakukan investasi di-startup, Telkom tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga mencari peluang sinergi yang akan diperoleh antara startup tersebut dan Telkom Group yakni Telkom dan seluruh anak usaha. 

"Dengan begitu kalaupun terjadi naik turun harga saham kami yakin masih bisa monetizing melalui sinergi yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Strategic Portofolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya mengatakan nantinya investasi-investasi Telkom pada startup-startup akan dilakukan dengan sangat selektif. 

"Kita akan lakukan (investasi) dengan sangat selektif. Di mana koridornya tidak hanya melihat dari sisi valuasinya saja tetapi sinerginya," ujar Budi.

Budi menyebut, dari sisi value secara multiple pada tahun 2021 investasi Telkom di startup dinilai cukup menguntungkan dengan realized gain mencapai Rp140 miliar. 

Baca Juga: Anak Buah Haji Giring Seperti Ingin Formula E Gagal, PSI Disindir Habis: Peluru Buat Serang Anies!

"Selain itu value sinerginya juga cukup besar, dimana pada kuartal I-2022 value synergy dari startup Telkom di Telkomsel dan MDI Ventures lebih dari Rp500 miliar," tutupnya

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan