Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Teleponan sama Erdogan, Putin Tegaskan Kesiapan Ekspor Pupuk dan Bahan Pangan, tapi Syaratnya...

Teleponan sama Erdogan, Putin Tegaskan Kesiapan Ekspor Pupuk dan Bahan Pangan, tapi Syaratnya... Kredit Foto: Reuters/Sputnik/Mikhail Klimentyev
Warta Ekonomi, Moskow -

Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan kesiapan negaranya, untuk mengekspor pupuk dan bahan pangan. Tentunya dengan satu syarat. Sanksi relevan yang dijatuhkan negara-negara Barat kepada Rusia, terkait konflik Ukraina, harus dicabut.

Hal tersebut disampaikan Putin, dalam percakapan telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin (30/5/2022). 

Baca Juga: Intelijen Inggris Berteori Vladimir Putin Sudah Wafat, Digantikan Tubuh Lain, Tujuannya Terkuak

“Mengingat masalah di pasar pangan global yang terjadi sebagai akibat dari kebijakan keuangan dan ekonomi yang tidak bijaksana dari negara-negara Barat, kami memastikan, Rusia dapat mengekspor pupuk dan berbagai produk pertanian dalam jumlah besar. Asalkan, pembatasan sanksi anti-Rusia yang relevan dicabut," demikian pernyataan Kremlin, seperti dikutip TASS, Senin (30/5/2022).

Putin dan Erdogan membahas situasi di Ukraina, dengan fokus pada penyediaan navigasi yang aman di Laut Hitam dan Laut Azov. Serta penghapusan ancaman ranjau di wilayah perairan mereka.

"Putin menyatakan siap memfasilitasi transit barang melalui laut tanpa hambatan, melalui koordinasi dengan mitra Turki. Ini juga terkait dengan ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina," pungkas pernyataan tersebut.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan