Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kadin-KBRI Brussel Gaungkan B20 dan G20 di Belgia

Kadin-KBRI Brussel Gaungkan B20 dan G20 di Belgia Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kamar Dagang dan Industri(Kadin) Indonesia bersama KBRI Brussel menyelenggarakan Indonesia-Belgium Business and Investment Forum untuk mempromosikan B20 dan menjaring investasi di Eropa.

B20 adalah salah satu engagement group terkemuka di dalam G20 yang berada di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa. B20 sendiri lebih dikenal sebagai forum dialog antara komunitas bisnis global. Forum dibentuk pada 2010 dan melibatkan banyak perusahaan serta organisasi bisnis di dalamnya.

Ketua B20 Indonesia Shinta Kamdani mengatakan bahwa forum tersebut bertujuan untuk mengundang pelaku usaha agar turut menjadi pembentuk rekomendasi kebijakan yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah di G20 Summit.

Shinta menuturkan forum B20 di Brussel membahas tiga hal pokok G20 yang juga menjadi prioritas B20, yakni arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi.

Forum tersebut, tegasnya, tidak hanya membahas peluang dan kesempatan yang ada namun juga mendorong agar Indonesia dan Belgia bisa berkolaborasi dan bekerja sama dengan pelaku usaha di Indonesia di bidang kerja sama perdagangan dan investasi.

Selain roadshow B20, ini juga roadshow Kadin untuk meningkatkan bilateral Indonesia baik dengan Belgia dan EU (Uni Eropa). Kami juga bertemu dengan beberapa perwakilan pemerintah Belgia dan beberapa representasi dari EU terutama untuk mendukung penyelesaian dari perjanjian EU CEPA,” ucap Shinta, Selasa (31/5)

Duta Besar Indonesia untuk Belgia Andri Hadi menyampaikan Indonesia-Belgium Business and Investment Forum bukan sekadar roadshow B20 namun juga sebuah misi untuk meningkatkan hubungan Indonesia dengan Belgia dalam perspektif yang lebih luas, tidak terbatas pada sisi bisnis namun juga dari sisi pemerintahan.

“Ini program yang banyak dan bervariasi, mencakup semua paket yang besar solid. Mudah-mudahan bisa membawa manfaat untuk Indonesia dalam konteks Presidensi G20 dan B20,” tutur Dubes Andri seperti dilansir Antara.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan