Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berkat Transformasi, Laba PLN Tembus Rp13,2 Triliun: Terbesar dalam Sejarah PLN

Berkat Transformasi, Laba PLN Tembus Rp13,2 Triliun: Terbesar dalam Sejarah PLN Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan bahwa laba bersih yang dibukukan PLN pada tahun 2021 adalah Rp13,2 triliun atau yang terbesar dalam sejarah perseroan.

“Sepanjang 2021, PLN mencetak rekor laba bersih senilai Rp13,2 triliun. Ini adalah net income yang terbesar dalam sejarah PLN,” ujarnya dalam acara Halal Bihalal Bersama Direksi PT PLN (Persero) di Kantor Pusat PLN, Jumat (3/6/2022).

Darmawan mengungkapkan bahwa rekor laba bersih tersebut tidak lepas dari keberhasilan transformasi yang dilakukan perseroan.

Baca Juga: Sindir Menteri BUMN Erick Thohir? Ketua Panitia Formula E: Listrik PLN Kami Bayar Full

“Transformasi yang PLN lakukan ini adalah perubahan cara pandang, cara kerja yang mengubah PLN agar bisa lebih maju lagi. Di sini ada yang namanya breakthrough, breakthrough yang dipimpin oleh para direksi. Ada inisiatif, inisiatif itu adalah agenda-agenda secara teknis, mulai 50, 100, 200 dan sekarang sudah mendekati sampai 1.600 inisiatif. Pelayanan pelanggan adalah salah satu contoh yang kami transformasi,” katanya.

Bos PLN ini lalu mengatakan bahwa transformasi mengenai tata kelola pelanggan yang berbelit dan kompleks sekarang sudah menjadi lebih ringkas, lebih sederhana, dan otomatis.

“Tata kelola pelanggan yang berbelit-belit, kompleks, tidak transparan, manual, kita petakan dalam segmen transformasi. Kita lakukan suatu pemetaan secara menyeluruh agar yang berbelit, yang kompleks bisa kita bongkar, kita ringkas, dan kita sederhanakan prosesnya. Kita buat otomatis langsung jadi cepat,” paparnya.

Darmawan pun menceritakan bagaimana pelayanan pelanggan dari sisi tata kelola pelanggan yang ditransformasi berdampak kepada kepuasan pelanggan yang terlihat dari tingginya rating aplikasi PLN Mobile.

“Dulu, PLN Mobile itu rating-nya hanya 2,5. Yang install 500 ribu, yang uninstall 507 [ribu]. Kali ini kita bangun platform yang baru, pembayaran di sana, pasang baru, tambah bayar, catat meter, historis, semua. Bahkan disitu ada internet kita masukkan dalam fitur-fiturnya. Semuanya cepat, mudah, praktis. Tata kelolanya yang tadinya lambat menjadi cepat, yang berbelit menjadi ringkas dan mudah. Alhamdullilah, ratingnya naik menjadi 4,0, ke 4,1 ke 4,2. Lalu ke 4,4, 4,6, 4,7. Saat ini rating PLN Mobile adalah 4,8,” imbuhnya.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan