Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi Rebutan di Pilpres 2024, Ganjar dan Prabowo Lomba Kantongi Suara Pemilih Jokowi

Jadi Rebutan di Pilpres 2024, Ganjar dan Prabowo Lomba Kantongi Suara Pemilih Jokowi Kredit Foto: Pemprov Jateng
Warta Ekonomi, Jakarta -

SMRC menilai bahwa pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 jadi rebutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Menurut survei SMRC, pendukung Jokowi cenderung ke Ganjar Pranowo dalam setahun terakhir.

“Namun, dalam beberapa bulan terakhir, dukungan kepada Ganjar menurun dan Prabowo Subianto mulai naik,” ujar pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangan resmi, Jumat (3/6).

Baca Juga: Jokowi Dipastikan Nonton Langsung Formula E, Rocky Gerung: Memalukan, Nyumbang Kagak, Nongol Iya

Saiful mengungkap, memahami peta dukungan pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin penting bagi siapapun yang akan maju di Pilpres 2024. 

“Pada Pilpers 2019, jumlah mereka banyak, 55 koma sekian persen. Sementara itu, kita semua tahu Jokowi tidak bisa maju lagi. Jadi pertanyaannya, suara pemilih tersebut akan ke mana?” katanya.

Kemudian, Saiful menilai bahwa perilaku pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin tidak bisa hanya didasarkan keputusan partai.

“Mungkin ada yang berasumsi seperti itu. Jokowi memang PDIP. Mungkin suara pemilihnya akan mengikuti suara PDIP. Itu asumsi kalau partai politik penting dalam pilpres,” paparnya.

Baca Juga: Akhirnya Setelah 2 Bulan Penuh Drama, Putri Candrawathi Ditahan: Ini Semakin Menguatkan Bahwa Tuduhan Pemerkosaan Itu Fiktif

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: