Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tokopedia Bagikan 5 Tips Tingkatkan Omzet untuk UMKM, Wajib Simak!

Tokopedia Bagikan 5 Tips Tingkatkan Omzet untuk UMKM, Wajib Simak! Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tokopedia membagikan lima tips yang dapat dilakukan oleh UMKM untuk meningkatkan omzet bisnis. Pasalnya, sejumlah pegiat UMKM lokal mengaku butuh strategi yang mumpuni untuk mempertahankan bahkan meningkatkan omzet mereka.

Dengan menimbang kondisi pasar, Tokopedia merangkum 5 tips tingkatkan omzet yang dapat diterapkan oleh UMKM.

Baca Juga: Gandeng BI dan OJK, Tokopedia Luncurkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM Lokal

1. Evaluasi dan analisis pasar

Lewat fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller, penjual bisa mempelajari berbagai data penting, seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan, dan berbagai data penting lain untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan. 

2. Manfaatkan fitur iklan otomatis

Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Hal ini akan membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

Baca Juga: 8 Tips Cara Memilih Software Akuntansi Terbaik untuk Perusahaan Serta Rekomendasinya

3. Pertajam strategi promo

Pegiat UMKM dapat memberikan promo kepada pelanggan untuk mendorong peningkatan transaksi. Bundling produk dan potongan harga bisa menjadi pilihan. 

"Penjual juga dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman," kata Vice President of Logistics Tokopedia Edwin Mailoa dalam keterangan tertulis, Senin (6/6/2022).

4. Manfaatkan gudang pintar

Pegiat UMKM dapat menitipkan produknya di gudang-gudang pintar "Dilayani Tokopedia" yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas. 

"Dilayani Tokopedia membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, hingga penanganan jika ada kendala transaksi. Dengan begitu, pegiat UMKM dapat lebih fokus terhadap pengembangan usaha," tambah Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak. 

Baca Juga: Bangkitkan Ekonomi UMKM Pascapandemi, Asuransi Rama Gandeng BPR Asli Dana Mandiri

5. Pilih pengiriman yang sesuai

Didukung oleh sejumlah mitra strategis, Tokopedia menyediakan tiga jenis layanan pengiriman pesanan, yang bisa dipilih pegiat usaha sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Baca Juga: Rayakan Hari Kebangkitan Nasional, Tokopedia Berikan Inovasi Terbarunya!

Layanan Dijemput Kurir memungkinkan pelaku usaha untuk menunggu pesanan diambil kurir, sedangkan Layanan Antar ke Kantor Agen mengharuskan pelaku usaha untuk mengantar pesanan ke agen pengiriman. Layanan AWB Otomatis dan Non-Tunai membantu pelaku usaha mencatat alamat, resi, serta ongkos pengiriman via mitra logistik secara otomatis. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: