Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Posisinya Mirip Luhut, Jokowi Gak akan Pernah Berani Reshuffle Dua Menteri yang Kebelet Nyapres Ini

Posisinya Mirip Luhut, Jokowi Gak akan Pernah Berani Reshuffle Dua Menteri yang Kebelet Nyapres Ini Kredit Foto: Antara/Biro Pers Sekretariat Presiden-Rusman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik Ubedilah Badrun menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan berani me-reshuffle para menteri di kabinet yang kebelet menjadi Capres 2024. Satu di antara menteri yang terlihat kebelet berkontestasi pada Pilpres 2024 ialah Erick Thohir.

"Mana berani Jokowi reshufle Erick Thohir," kata Ubedilah melalui layanan pesan, Minggu (12/6). 

Aktivis 1998 itu mengatakan bahwa Jokowi dalam beberapa kali momentum reshuffle tidak pernah berani mencopot menteri yang memiliki bisnis besar. 

Baca Juga: Dorong Jokowi Lakukan Reshuffle, PDIP Sindir Menteri Kebelet Nyapres: Majang Prestasi, Bukan Foto!

"Misalnya, terhadap Luhut Binsar Panjaitan (LBP). Beberapa kali momentum reshuffle, LBP selalu dipakai jadi menteri. Kira-kira posisi Erick Thohir itu mirip LBP generasi kedua," lanjut Ubedilah.

Dosen Universitas Negeri Jakarta itu melanjutkan menteri lain yang juga kebelet menjadi capres ialah Airlangga Hartarto.  

Menurut Ubedilah, Jokowi juga tidak akan me-reshuffle Airlangga, bahkan Menko Perekonomian itu sudah membentuk koalisi untuk Pilpres 2024. Airlangga yang juga berstatus sebagai Ketum Golkar sudah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu bersama PAN dan PPP.

Baca Juga: Luhut Blak-blakan Soal Isu Reshuffle Kabinet Pertengahan Juni, Jawabannya Mengejutkan

Gabungan tiga partai itu sudah bisa mengusung tokoh untuk menjadi Capres-Cawapres pada 2024.

"Kepada Airlangga, Jokowi juga tidak berani, apalagi Airlangga sudah membentuk KIB bersama PAN dan PPP.  Suatu koalisi yang direstui Jokowi sebagai alternatif," ujar Ubedilah.

Baca Juga: Gelar IPO 2023, Ini Persiapan Bank Muamalat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: