Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Provokasi Amerika Serikat Soal Taiwan Akankah Picu Perang Dunia ke-3?

Provokasi Amerika Serikat Soal Taiwan Akankah Picu Perang Dunia ke-3? Kredit Foto: Reuters/Aly Song
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) China Wei Fenghe menuduh Amerika Serikat (AS) melakukan provokasi dan tuduhan terkait Taiwan. China dituduh Menhan AS menjadi sangat agresif soal Laut China Selatan (LCS) dan Taiwan.

Dalam pidato Menhan AS Lloyd Austin pada Sabtu (11/6/2022), masalah di kawasan LCS menjadi rumit karena sikap agresif China termasuk di dekat perairan Taiwan.

Baca Juga: Ternyata yang Dimau China Gampang Dilakukan, tapi Amerika dan NATO Mau Lakukan ke Rusia?

Austin mengatakan, telah terjadi peningkatan ketegangan dalam jumlah pertemuan disebabkan sikap tidak profesional China antara pesawat dan kapal China dengan negara lain.

Diketahui bahwa sebuah pesawat tempur China secara berbahaya mencegat sebuah pesawat pengintai militer Australia di wilayah LCS pada Mei 2022 dan militer Kanada menuduh pesawat tempur China mengganggu pesawat patroli mereka saat mereka memantau penghindaran sanksi Korea Utara.

China tidak diterima dituduh seperti itu, saat Menhan China Fenghe dalam tatap muka dengan Menhan AS Lloyd Austin, Fenghe mengatakan, "Jika ada yang berani memisahkan Taiwan dari China, tentara China pasti tidak akan ragu untuk memulai perang berapa pun biayanya."

Menhan China juga mengatakan bahwa hubungan China-AS berada pada titik kritis dan hal tersebut tidak diinginkan China.

China berharap AS fokus kepada upaya mencari perdamaian dan stabilitas dan meminta AS untuk memperkuat solidaritas.

Wei menegaskan bahwa China mendukung pembicaraan damai dan menentang 'penyediaan senjata dan penerapan sanksi maksimum'.

"Apa akar penyebab krisis ini? Siapa dalang di balik ini? Siapa yang paling dirugikan? Dan siapa yang paling diuntungkan? Siapa yang mempromosikan perdamaian dan siapa yang menambahkan bahan bakar ke api? Saya pikir kita semua tahu jawabannya untuk pertanyaan-pertanyaan ini," kata Wei.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Terbesar Kedua Sejarah Sepak Bola, Benny Harman: Presiden Perlu Bentuk Tim Pencari Fakta!

Penulis: Achmad Nur Hidayat MPP, Inisiator dan Penggugat UU IKN ke MK

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: