Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Marak Tawaran Upgrade Jadi Nasabah BCA Prioritas di Media Sosial, Direksi: Kami Pastikan Itu Palsu

Marak Tawaran Upgrade Jadi Nasabah BCA Prioritas di Media Sosial, Direksi: Kami Pastikan Itu Palsu Kredit Foto: Lestari Ningsih
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengamini bahwa belakangan ini marak terjadi modus penipuan yang menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Prioritas. Tawaran tersebut ramai diiklankan oleh akun-akun palsu di Instagram yang mengatasnamakan BCA.

Direktur BCA, Haryanto T. Budiman, menegaskan bahwa tawaran semacam itu dipastikan palsu. Sebab, BCA tidak pernah dan bahkan tidak memiliki rencana untuk menggelar program seperti yang disampaikan oleh akun-akun palsu tersebut. 

Baca Juga: Waspada Penipuan Berkedok Tawaran Upgrade Jadi Nasabah BCA Prioritas, Begini Modusnya!

"Sekali lagi, kalau ada iklan-iklan palsu menawarkan upgrade terkait BCA Prioritas, dapat kami sampaikan dengan tegas bahwa itu adalah penawaran palsu. Kami tidak pernah dan tidak ada rencana untuk melakukan program-program seperti yang disampaikan akun-akun palsu itu," tegas Haryanto, di Jakarta, Senin, 13 Juni 2022.

Ia menambahkan, penawaran oleh akun-akun palsu tersebut hanya satu dari beragam kejahatan siber dengan modus social engineering. Dalam kasus ini, pelaku kejahatan memengaruhi psikologis korban dengan membuatnya merasa senang, takut, atau bahkan panik. Hingga akhirnya, korban memberikan data-data pribadi kepada pelaku dan membuat uang dalam rekening miliknya dicuri. 

"Kita harus berhati-hati dengan munculnya modus-modus kejahatan yang marak terjadi, seperti social engineering. Kita harus bekerja sama memerangi kejahatan ini," pungkasnya lagi.

EVP Individual Customer Business Development BCA, Adrianus Wagimin, menambahkan bahwa keanggotaan nasabah BCA Prioritas bersifat eksklusif sehingga tidak dilakukan melalui penawaran seperti yang banyak diiklankan oleh akun-akun palsu di media sosial. Selain itu, nasabah dengan simpanan dana mencapai Rp500 juta tidak semerta-merta dapat otomatis menjadi nasabah prioritas. Dengan bantuan cabang, BCA akan mengundang secara khusus nasabah dengan kriteria tertentu untuk bergabung menjadi membership BCA Prioritas.

"Keanggotaan membership BCA Prioritas itu bersifat eksklusif dan berdasarkan undangan. Selain itu, menjadi nasabah Prioritas gak serta-merta punya dana 500 juta langsung jadi nasabah prioritas," katanya.

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut Formula E Bukan Program Gubernur, Guntur Romli: Sinyal Buat Anak Buah Siap-siap Jadi Korban?

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: