Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Roy Suryo Unggah Foto Stupa Borobudur Berwajah Mirip Jokowi, Polisi: Sedang Didalami dan Profiling

Roy Suryo Unggah Foto Stupa Borobudur Berwajah Mirip Jokowi, Polisi: Sedang Didalami dan Profiling Kredit Foto: Twitter/Roy Suryo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Foto Stupa Borobudur yang diedit dengan wajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) viral di media sosial. Polisi pun langsung bergerak cepat dengan melakukan patroli siber.

Polri tengah memprofiling pengedit foto tersebut dengan menyinggung soal naiknya harga masuk ke situs warisan dunia tersebut.

Baca Juga: Viral Roy Suryo Unggah Foto Candi Borobudur Berwajah Jokowi, Guntur Romli: RS Merasa Kebal Hukum

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya tengah mencari siapa pelaku yang telah membuat foto tersebut.

"Sedang didalami dan profiling oleh Siber," katanya, Selasa, 14 Juni 2022.

Foto Stupa Candi Borobudur diedit mirip wajah Jokowi itu viral. Salah satu diunggah Roy Suryo, melalui cuitan Twitter-nya. Namun cuitan tersebut telah dihapus setelah menimbulkan beragam respons warganet.

Baca Juga: Dianggap Lecehkan Jokowi & Candi Borobudur, Roy Suryo Beri Penjelasan Samapai Singgung Pengalihan Isu!

Belakang, pakar IT tersebut kembali mengunggah URL terkait foto editan stupa Borobudur tersebut, dengan memberikan klarifikasi agar postingannya tidak diprovokasi.

Dedi pun mengimbau masyarakat untuk bijaksana dalam menggunakan sosial media dengan menghormati hak-hak orang lain. Ia juga mengingatkan bahwa sekali bermedia sosial maka akan menyisakan jejak digital yang dapat membuat seseorang berhadapan dengan hukum.

"Dalam menggunakan medsos harus bijak, menghormati hak-hak orang lain, menjaga toleransi dan persatuan serta kesatuan. Karena jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ITE," kata Dedi.

Baca Juga: Kompolnas Turun ke Lapangan Demi Supervisi Penanganan Tragedi Kanjuruhan, Alvin Lie: Percuma! Tidak Ada Lagi yang Percaya

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: