Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Teleponan sama Putin, Xi Jinping Tegaskan Niat Bantu Akhiri Konflik Ukraina

Teleponan sama Putin, Xi Jinping Tegaskan Niat Bantu Akhiri Konflik Ukraina Kredit Foto: Instagram/Xi Jinping
Warta Ekonomi, Beijing -

Dalam percakapan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping menegaskan kesiapannya untuk membantu menyelesaikan konflik Ukraina. Demikian disiarkan televisi China, Rabu (15/6/2022).

"Semua pihak terkait harus mengambil sikap yang bertanggung jawab. Demi mempromosikan penyelesaian yang benar, atas krisis yang telah berlangsung di Ukraina. Dalam hal ini, China siap memainkan peran konstruktif," begitu kata Xi dalam siaran TV tersebut, seperti dikutip Kantor Berita Rusia, TASS, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Vladimir Putin Bertitah, Tuntut Hapus Informasi Perang Ukraina, Wikipedia: Rusia Targetkan...

Xi menyebut, Beijing akan mengambil posisi independen dalam penyelesaian konflik ini. Dengan mempertimbangkan fakta dan realitas sejarah.

"Kami berperan aktif menjaga perdamaian dalam skala global. Kami juga berkontribusi menjaga stabilitas tatanan ekonomi dunia,” tegas Xi.

Konflik Ukraina bermula pada 24 Februari, saat Putin melancarkan operasi militer khusus ke negara berbendera kuning biru, menyusul permintaan bantuan dari para pemimpin dua republik Donbass.

Setelah itu, Amerika Serikat dan sekutunya memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia. Serta meningkatkan pasokan senjata ke Kiev.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan