Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ramai-ramai Jagokan Rachmat Gobel Jadi Capres Nasdem, Nama-Nama Potensial Ini Juga Muncul

Ramai-ramai Jagokan Rachmat Gobel Jadi Capres Nasdem, Nama-Nama Potensial Ini Juga Muncul Kredit Foto: Warta Ekonomi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kali ini giliran DPW Partai Nasdem Lampung, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Bali, Jambi, dan DPW Partai Nasdem Sulawesi Utara yang mengajukan Rachmat Gobel untuk menjadi calon presiden dari Partai Nasdem pada pemilihan presiden pada 2024 nanti.

"Saya minta berdiri pada Pak Rachmat Gobel, biar jelas. Mohon beri tepuk tangan. Ini kader sendiri," kata Ketua DPW Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Sulsel, Gorontalo, dan Aceh Usung Rachmat Gobel Jadi Capres Nasdem: Kami Mengusung Cahaya dari Timur

Sebelumnya, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Maluku, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Aceh telah mengajukan nama Rachmat Gobel untuk menjadi capres Nasdem. Tiap DPW mengajukan 3-6 nama kandidat. Umumnya yang selalu muncul tiga nama, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

Sementara, nama-nama lainnya muncul seperti Rachmat Gobel, Prananda Surya Paloh, Syahrul Yasin Limpo, Lestari Moerdijat, Erick Thohir, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, dan A Syahroni. Juga sesekali muncul nama-nama lain.

Rakernas akan memutuskan tiga nama untuk kemudian diserahkan kepada Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, untuk diambil keputusan. Saat membuka rakernas, Paloh menyatakan ia akan mengambil secara objektif dan rasional.

"Kami mengusung Cahaya dari Timur, Bapak Rachmat Gobel," kata Hamim Pou, Ketua DPW Partai Nasdem Gorontalo.

Sebelumnya, Ketua DPW Partai Nasdem Sulawesi Selatan, Rusdi Masse Mappasessu juga mengajukan nama Rachmat Gobel. Berikutnya, T Taufiqul Hadi dari DPW Aceh juga mengajukan Rachmat Gobel. "Beliau sering berkunjung ke Aceh," katanya.

"Jangan sampai kita menang, tapi merasa kalah. Itu terjadi saat kami mendukung kandidat dalam pemilihan gubernur, bupati, atau walikota," kata Hamdani Laturua, ketua DPW Partai Nasdem Maluku.

Suara untuk mengusung kader sendiri sangat kuat bergema dalam Rakernas Partai Nasdem yang berlangsung di Jakarta Convention Center. Tiap DPW diberi kesempatan secara bergiliran untuk menyampaikan aspirasinya. Karena nama Rachmat Gobel sering disebut, ketua sidang Willy Aditya meminta kader dari daerah pemilihan Gorontalo tersebut untuk berdiri. Gobel yang duduk di kursi pimpinan sidang pun berdiri.

Ketua DPW Partai Nasdem Sulawesi Tenggara, Alie Mazi mengajukan Rachmat Gobel sebagai calon presiden dari Partai Nasdem. "Kader kita itu penting," katanya.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan pemandangan umum dalam Rapat Pleno I pada Rapat Kerja Nasional Partai Nasdem. Willy Aditya, ketua sidang, langsung menimpali, "Cahaya dari Timur," yang merupakan julukan untuk Rachmat Gobel.

Pendapat senada juga dikemukakan oleh Ketua DPW Partai Nasdem Sumatera Selatan, Herman Deru. "Yang kami inginkan adalah figur yang tak terkontaminasi partai lain. Jangan pilih yang sudah menjadi milik partai lain. Harus darah biru," katanya. Biru adalah warna Partai Nasdem. "Jadi kami juga mengusulkan Bapak Rachmat Gobel, yang kader dari pusat," katanya.

Saat membuka Rakernas, pada Rabu malam, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan, Rakernas akan memutuskan tiga nama untuk diajukan ke dirinya. Selanjutnya, ia akan memutuskan siapa yang ajukan dengan pertimbangan objektivitas dan rasionalitas. Karena itu, ia memberikan kebebasan seluas-seluasnya kepada tiap DPW untuk mengajukan usulan untuk diputuskan oleh Rakernas.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan