Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sebut Jusuf Kalla (JK), Rocky Gerung Soal Manuver Politik di Balik Reshuffle Jokowi: Mau Menghalangi Anies Baswedan!

Sebut Jusuf Kalla (JK), Rocky Gerung Soal Manuver Politik di Balik Reshuffle Jokowi: Mau Menghalangi Anies Baswedan! Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah cukup lama hanya sekadar wacana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melakukan reshuffle terhadap beberapa posisi di kabinetnya.

Posisi Menteri Perdagangan (Mendag) yang terkena Reshuffle dan kini diisi oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas), menjadi salah satu anggapan bahwa reshuffle kali ini disebut sebagai konsolidasi partai politik atau “bagi jatah” partai pemerintah.

Mengenai penunjukkan Zulhas oleh Jokowi sebagai Mendag ini, pengamat politik, Rocky Gerung ikut angkat suara. Menurutnya hal ini harus dipahami dari sisi politis.

Lewat video di kanal YouTube miliknya (Rocky Gerung Official) yang juga bersama oleh Hersubeno Arief dari Forum News Network (FNN), Rocky menyinggung nama Anies Baswedan dalam penunjukkan Zulhas sebagai Mendag.

“Kalau yang menggantikanya (Mendag) PAN, itu sesuatu yang harus kita lihat secara sangat politis karena PAN punya potensi mendukung Anies,” Jelas Rocky lewat kanal Youtube miliknya, dikutip Selasa (14/6/22).

Baca Juga: Jokowi Lakukan Reshuffle “Pembantu”, Komentar Refly Harun Tajam: Makin Tidak Jelas Mau Kemana!

Menurut Rocky, setelah kini Zulhas bergabung di kabinet, sangat sulit bagi PAN untuk bisa mengusung atau mendukung Anies, alias jalan mendukung Anies sudah ditutup oleh Jokowi.

Rocky juga menyinggung bahwa Anies sangat dekat hubungannya dengan Jusuf Kalla, dan beberapa manuver Jusuf Kalla seringkali dinilai ingin “mengorbitkan” Anies sebagai capres di 2024.

Menurut Rocky akses atau pengaruh sosok Jusuf Kalla berusaha “dihilangkan” oleh Jokowi, ini diperkuat dengan ikut “ditendangnya” Sofyan Djalil sebagai menteri di reshuffle kali ini. Sofyan Djalil menurut Rocky memiliki hubungan kuat dengan sosok Jusuf Kalla.

Baca Juga: Febri Diansyah Akhirnya Masuk Jadi Tim Kuasa Hukum, Sambo Disebut Bisa Hipnotis: Ini Membuat Rusak Lagi

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: