Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Hanya dengan Gus Dur, Amien Rais Juga Pernah 'Berseteru' dengan Tokoh Ini: Boxing Intelektual!

Bukan Hanya dengan Gus Dur, Amien Rais Juga Pernah 'Berseteru' dengan Tokoh Ini: Boxing Intelektual! Kredit Foto: Instagram Amien Rais
Warta Ekonomi, Jakarta -

Politikus senior Amien Rais mengungkap hubungan awalnya dengan sejumlah tokoh lain sebelum reformasi. Ternyata, orang pertama yang dianggap kontra dengan Amien Rais bukanlah Gus Dur, melainkan cendekiawan Islam lain yakni Nurcholis Madjid alias Cak Nur.

Hal ini diungkapnya kala berbincang bersama Ahmad Dhani dan disiarkan di kanal Youtube Video Legend, Kamis (16/6/2022). Kepada pentolan band Dewa 19 itu, Amien Rais mengungkapkan bagaimana hubungannya dengan tokoh penting lain sudah tercipta sejak masa kuliah.

Mulanya, Ahmad Dhani penasaran dengan hubungan Amien Rais dengan Gus Dur. 

"Pak Amien pertama kali dengar nama Gus Dur kapan?" tanya Dhani.

Sembari menjawab bahwa mereka bertemu di luar negeri, Amien Rais juga menceritakan dinamika hubungannya dengan sejumlah tokoh NU lain.

"Waktu itu saya lebih berkontradiksi dengan Nurcholis daripada dengan Gus Dur," Amien Rais mengakui.

"Padahal sama-sama dari Amerika?" tanya Dhani.

Baca Juga: Tampil di Channel Refly Harun, Ahmad Dhani Blak-blakan: Waktu Jaman Saya Melawan Ahok…

"Iya. Waktu itu ada acara di Ahad pagi di Gelanggang Mahasiswa UGM," Amien Rais melanjutkan cerita.

Pertemuan di kisaran tahun 1988 itu begitu berkesan bagi Amien Rais. Kala itu tiga nama yang kerap muncul adalah Amien Rais, Nurcholis Madjid, dan Gus Dur yang kala itu belum menjabat sebagai Ketua PBNU. Pertemuan itu sudah dinantikan para mahasiswa yang penasaran dengan hubungan Amien Rais dan tokoh-tokoh tersebut.

"Saya mengatakan, 'adik-adik mahasiswa Anda berjubel sampai ribuan ini Anda mengharapkan boxing intelektual antara saya dan Cak Nur to? Tapi nanti Anda kecewa itu'." kata Amien Rais.

Alih-alih mempertebal perbedaan, Amien Rais bercerita soal sikap Nurcholish Madjid kepadanya yang memang mengakui perbedaan di antara  mereka.

"Terus dia bilang pada saya, Mas Amien kita ini berbeda tapi seperti jeruji roda," kata Cak Nur.

"Betul Mas Nurcholish, karena Anda di pondok, saya di Majlis Al Islam Surakarta, Anda di Gontor lalu IAIN, dan kita di Chicago," kata Amien Rais.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan