Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Peringatan Sirene Palsu Bikin Geger, Israel Curigai Serangan Siber Iran

Peringatan Sirene Palsu Bikin Geger, Israel Curigai Serangan Siber Iran Kredit Foto: Instagram/State of Israel
Warta Ekonomi, Tel Aviv -

Israel mencurigai serangan siber Iran berada di balik peringatan sirene palsu pada Minggu (19/6/2022) di beberapa lingkungan di Yerusalem Barat dan Eilat, menurut media lokal pada Senin (20/6/2022).

Sirene terdengar pada Minggu malam di kota Talpiot, Katamon, dan Beit Hakerem di Yerusalem Barat dan di Eilat. Penyebab alarm palsu, yang berlangsung selama hampir satu jam, belum jelas.

Baca Juga: Israel, Negara Pemberi Vaksin Covid-19 Dosis ke-4, Catat Lonjakan Pasien Sakit Parah hingga 70%

Namun, Radio Tentara Israel mengatakan bahwa Direktorat Siber Nasional Israel (INCD) mencurigai bahwa serangan siber "di balik kerusakan sistem."

Menurut INCD, serangan itu ditujukan terhadap sistem sirene kota, dan bukan melalui sistem peringatan tentara Israel, dan dengan mengakses sistem ini, para peretas dapat mengaktifkan sirene.

Tidak disebutkan siapa yang diduga melakukan peretasan ini, tetapi seorang mantan pejabat menuduh Iran.

"Israel sedang mempersiapkan upaya Iran untuk menyakiti negara melalui perang cyber," kata mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Yair Golan.

Tidak ada komentar dari otoritas Iran atas tuduhan itu.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan