Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terus Tambah Gerai Mitra10, CSAP Alokasikan Dana Belanja Modal Rp600 Miliar Tahun Ini

Terus Tambah Gerai Mitra10, CSAP Alokasikan Dana Belanja Modal Rp600 Miliar Tahun Ini Kredit Foto: PT Catur Sentosa Adiprana Tbk
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) pemilik jaringan Mitra10 serta home furnishing Atria optimistis target kepemilikan 50 superstore Mitra10 akan tercapai di 2023. Untuk target jangka Panjang perseroan berharap bisa memiliki sebanyak 100 superstore Mitra10 pada 2030 mendatang.

Pada tahun ini perseroan berencana membuka 4 superstore baru dan melakukan 1 remodelling dari gerai Mitra10. Guna mendukung strategi ekspansi tersebut, Perseroan telah menganggarkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp600 miliar. 

“Dana tersebut akan dialokasikan untuk pengembangan segmen ritel modern sebesar 80% dan segmen distribusi sebesar 20%. Per kuartal pertama utilisasi capex sudah 16-17%,”katanya, dalam paparan publik, Rabu (22/6/2022). 

Baca Juga: Pemegang Saham Pemilik Mitra10 Bakal Ketiban Rezeki Nomplok, Perusahaan Sediakan Dana Rp40 Miliar

Menurutnya, perseroan tidak hanya membuka gerai di kota besar, tapi saat ini juga sudah masuk ke kota-kota second tier. 

“Kita tidak hanya di jawa, kita mulai masuk ke second tier city contoh di Jateng seperti Purwokerto, Tegal, Cirebon kita sudah ada. Di luar jawa kita punya pipeline untuk 1 tahun ke depan untuk buka Mitra10 di luar Jawa,” terangnya. 

Idrus meyakini potensi ritel moderen bahan bangunan di Indonesia masih sangat terbuka, terutama ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang sangat mendukung, total jumlah penduduk yang cukup besar, pertumbuhan kebutuhan akan renovasi rumah dan sektor properti. Baik itu properti primer maupun sekunder. Terlebih lagi, dengan adanya rencana pembangunan Ibu Kota Baru. Perseroan menyambut baik rencana pemerintah tersebut

“Kita sudah ada di Kalimantan, dengan adanya Ibu Kota baru jadi prospek untuk kita. Ini suatu challenge dan oportunity. Kita juga sudah ada untuk ritel dan gudang,” jelas Idrus. 

Baca Juga: Akuisisi Lahan, CSAP Bakal Bangun Superstore Mitra10 di Sawangan

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, Adiprana Surjati Tanril mengatakan bahwa pada tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 12% dan laba bersih 24%.

“Target tahun ini double digit, di kuartal pertama revenue 12% dan bottom line 24% kita harap ini akan bertahan hingga akhir tahun,” ungkap Adiprana. 

Adapun, hingga kuartal I 2022, pendapatan perseroan tumbuh 12% dari Rp3,51 triliun pada triwulan I 2021 menjadi Rp3,93 triliun di tiga bulan pertama 2022. 

Sementara, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham pengendali tumbuh 25% menjadi Rp79 miliar dibandingkan posisi yang sama tahun 2021 yakni Rp63 miliar. Peningkatan tersebut setara pertumbuhan net margin dari 1,81% menjadi 2,02% pada tahun 2022. 

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Bagikan Artikel:

Video Pilihan