Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk pertama kalinya menggelar In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 pada 23—26 Juni 2022 di Pusat Perbelanjaan Cihampelas Walk, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses pasar dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan industri gim.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan pada Kamis (23/6/2022). Turut hadir dalam pembukaan Ketua APPBI Jawa Barat M Satriawan Natsir, dan Ketua AGI Cipto Adiguno.
Baca Juga: Dorong Stabilitas Ekonomi, Kemendag Fokus Perkuat Perdagangan Dalam Negeri
"Festival gim perdana yang dikembangkan oleh pengembang lokal ini menjadi kebanggaan karena dapat mendorong kemajuan produk lokal untuk sektor jasa," ujar Oke dalam sambutannya, mengutip dari siaran resmi Kemendag, Jumat (24/6/2022).
Oke mengungkapkan, sektor jasa, khususnya gim di Indonesia didominasi produk impor dengan nilai pemanfaatan masyarakat Indonesia sebesar USD2 miliar pada 2021. Dari nilai tersebut, pemanfaatan gim dari pengembang lokal hanya sebesar USD2 juta. Namun demikian, dalam lima tahun terakhir tren pemanfaatan gim lokal terus mengalami peningkatan secara signifikan.
"Hal ini menjadi tantangan bagi pengembang lokal untuk terus melakukan inovasi dan masyarakat Indonesia harus meningkatkan penggunaan gim lokal dengan bangga," ungkap Oke.
Baca Juga: Jadi Pebisnis Top Up Games, RozezShop Banjir Orderan Tiap Bulannya
Oke menambahkan, pertumbuhan ekonomi mempunyai empat pilar, yaitu konsumsi domestik, investasi, pengeluaran pemerintah, serta ekspor dan impor. Pertumbuhan ekonomi Indonesia didominasi konsumsi domestik sebesar hampir 60 persen.
"Pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dijaga melalui konsumsi domestik, salah satunya dengan produk jasa seperti gim. Produk dalam negeri yang berkontri besar dalam pasar domestik, secara tidak langsung akan membangun kedaulatan bangsa. Diharapkan melalui kegiatan ini, produk Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Mari kita bangga buatan Indonesia," pungkas Oke.
In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 menempati area seluas 400 m2 dan mempromosikan 15 gim terkurasi pada platform ponsel dan komputer dari pengembang dan penerbit lokal.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Ayu Almas