Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bahaya Politik Identitas, Pakar Politik Kecewa: Saya Nggak Percaya Elite Politik...

Bahaya Politik Identitas, Pakar Politik Kecewa: Saya Nggak Percaya Elite Politik... Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengingatkan akan adanya potensi politik identitas dan polarisasi ekstrem pada tahun 2024. Dia memprediksi hal tersebut akan makin menguat tajam.

"Saya sampaikan warning nih ya dengan konstelasi yang ada sekarang ini, kita harus siap-siap dengan kemungkinan polarisasi ekstrem lagi 2024 yang akan datang, dengan berat hati harus disampaikan ya mumpung belum terjadi," kata Qodari kepada wartawan, Minggu (26/6).

Baca Juga: Tak Percaya Hasil Survei Ganjar Pranowo, Ketum Tegar: PDIP Harusnya Lebih Dewasa dalam Berpolitik

Menurut Qodari, masih ada waktu untuk mencegahnya sebelum konflik horizontal pecah di tengah masyarakat akibat politik identitas dan polarisasi. Dia tidak percaya ketika ada elite politik yang mengatakan sudah tidak lagi yang menggunakan politik identitas dalam pertarungan politik.

"Saya nggak percaya dengan elite politik yang mengatakan 'Kami sudah kapok dengan polarisasi. Kami sudah menolak politik identitas'. Sekarang ngomong begitu saat bertarung sebaliknya," tegas Qodari.

Pakar politik ini menyatakan, harus ada upaya untuk mencegah terjadinya politik identitas maupun polarisasi yang terjadi pada Pemilu 2024 mendatang. "Jadi, menurut saya kita sudah tahu apa yang terjadi di 2024 dan kita harus berbuat sesuatu untuk mencegah itu terjadi karena inilah hidup kita," pungkas Qodari.

Baca Juga: Proyek Sodetan Ciliwung Era Heru Budi Berbuntut Panjang: Setelah Fitnah Jokowi yang Buat Mangkrak, Buzzer Anies Sebut SBY yang Inisiasi

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua