Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dr. Salim Ajak Kolaborasi Bangkitkan Kejayaan Negeri Maritim

Dr. Salim Ajak Kolaborasi Bangkitkan Kejayaan Negeri Maritim Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Majelis Syura PKS Habib Dr. Salim Segaf Aljufri meresmikan Festival Laut Nusantara yang digelar sebagai bagian dari Program Dr. Salim Menyapa Indonesia di Provinsi Jawa Timur. Acara yang diikuti ribuan nelayan dan masyarakat pesisir Jawa Timur ini diselenggarakan di Pantai Ria Kenjeran Surabaya (Minggu, 26/6/2022). 

Acara yang dihelat secara apik ini menampilkan berbagai kegiatan : panggung hiburan rakyat, senam masal, aneka lomba bertema bahari, festival kuliner pesisir, festival perahu hias, masak 1000 ikan bakar, bazar UMKM nelayan, bersih-bersih pantai, penyerahan paket bantuan untuk nelayan, dan ditutup dengan acara rembuk nelayan. Peserta dihibur sajian lagu dan budaya dari Manda Music Entertainment, Ludruk, Reog Ponorogo. 

Turut hadir tamu kehormatan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang memberikan sambutan.

Sementara itu, turut mendampingi Dr. Salim, Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, Ketua BPW Jatijaya yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Fakih, Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPP PKS Riyono, Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan serta Anggota DPR Sigit Sosiantomo, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota se-Jawa Timur. Hadir juga ribuan kader dan simpatisan PKS Jawa Timur menyemarakkan acara di pinggir pantai tersebut.

Menurut Ketua Majelis Syura PKS acara ini selain untuk memperingati Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) tanggal 8 Juni 2022 adalah bukti kongkrit dukungan PKS untuk mengembalikan kerjayaan Indonesia sebagai negeri maritim sekaligus keberpihakan PKS pada kesejahteraan nelayan di Indonesia.

Acara seperti ini dihelat oleh PKS sepanjang tahun bukan hanya di tingkat nasional tapi juga di daerah-daerah untuk mempromosikan kelestarian laut dan produk-produk nelayan dari hasil laut tanah air. 

"Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17.508 pulau dan panjang garis pantai lebih dari 108 ribu kilometer, terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Dengan luasnya wilayah laut yang ada, sudah selayaknya kita ingin mengembalikan kejayaan laut nusantara bagi anak-cucu kita kedepan," ungkap Dr. Salim

Untuk itu, lanjut Menteri Sosial 2009-2014, bangsa ini membutuhkan kerjasama dan kolaborasi untuk memberdayakan nelayan dan masyarakat pesisir. Kolaborasi dari para pemangku kepentingan, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota serta seluruh elemen bangsa termasuk partai politik. Dan, untuk itulah PKS hadir di Provinsi Jawa Timur khususnya di Kota Surabaya.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan