Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nilai Tukar Rupiah Lumpuh Melawan Dolar AS dan Mata Uang Dunia!

Nilai Tukar Rupiah Lumpuh Melawan Dolar AS dan Mata Uang Dunia! Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini lumpuh di kisaran Rp14.800 hingga menjadi salah satu mata uang terlemah di Asia. Pelemahan rupiah hari ini dibayangi oleh kekhawatiran pasar terhadap keputusan The Federal Reserve (The Fed) dalam menaikkan suku bunga acuan.

Seperti diketahui, The Fed menyatakan sikap agresif untuk kembali menaikkan suku bunga guna memerangi inflasi AS. Hal itulah yang memicu penguatan dolar AS terhadap mata uang global, termasuk rupiah.

Baca Juga: Tekor Oh Tekor! Harga Emas Antam Hari Ini Anjlok Parah!

"Dari dalam negeri, tekanan inflasi yang mulai merangkak naik mungkin bisa menjadi penekan rupiah. Inflasi bisa melambatkan pertumbuhan ekonomi," pungkas pengamat pasar uang, Ariston Tjendra, dilansir dari Antara, Selasa, 28 Juni 2022.  

Melansir RTI, rupiah melemah -0,15% ke level Rp14.814 per dolar AS pada Selasa, 28 Juni 2022. Rupiah juag tertekan oleh tiga mata uang global, yakni dolar Australia (-0,14%), poundsterling (-0,13%), dan euro (-0,10%). 

Di Asia, rupiah menjadi mata uang terlemah ketiga setelah dolar Taiwan (0,26%) dan yuan (0,08%). Dengan kata lain, rupiah tertekan oleh yen (-0,36%), dolar Singapura (-0,16%), ringgit (-0,12%), dolar Hong Kong (-0,11%), won (-0,09%), dan baht (-0,09%). 

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel:

Video Pilihan