Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Duh… Beli Pertalite Pakai Aplikasi Memangnya Efektif? Ini Analisis Pakar, Simak!

Duh… Beli Pertalite Pakai Aplikasi Memangnya Efektif? Ini Analisis Pakar, Simak! Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Per tanggal 1 Juli 2022 nanti, masyarakat yang ingin membeli BBM jenis Pertalite dan Solar harus menggunakan aplikasi MyPertamina.

Diantara alasan mengenai kebijakan tersebut adalah untuk menyesuaikan konsumen yang berhak menerima Pertalite. Tentu kebijakan ini mendapat respons beragam dari masyarakat antara lain kebijakan ini dianggap mempersulit masyarakat.

Terkait kebijakan terbaru soal pembelian pertalite ini, Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute, Achmad Nur Hidayat angkat bicara. Achmad menegaskan untuk mengetahui pasti bagaiaman efektifnya kebijakan ini harus menunggu sampai hari pelaksanaan.

“Secara fakta tentu kita bisa lihat setelah program ini diimplementasikan,” ujar Achmad dalalam keterangan resmi yang diterima redaksi wartaekonomi.co.id, Selasa (28/6/22).

Baca Juga: Soal Reshuffle Kabinet Jokowi, Achmad Nur Hidayat: Isu Tiga Periode Belum Benar-benar Berakhir!

Namun menurut Achmad ada beberapa indikator yang bisa merujuk pada kondisi yang menggambarkan ketidakefektifan atau tidaknya kebijakan ini.

Pertama, menurut Achmad masyarakat akan merasa dipersulit dalam hal membeli bahan bakar.

“Pertama adalah, masyarakat akan merasa diribetkan oleh prosedur ini sehingga kemungkinan besar akan mendapatkan reaksi penolakan dari masyarakat,” lanjutnya.

Untuk indikator kedua, Achmad menyinggung soal kaum masyarkat menengah ke bawah yang belum tentu bisa mengakses aplikasi atau mendaftar sebelum membeli pertalite.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan