Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bahas Persiapan Pemilu dan Pilkada 2024, Ketua KPU Blusukan ke Babel

Bahas Persiapan Pemilu dan Pilkada 2024, Ketua KPU Blusukan ke Babel Kredit Foto: Antara/Yusran Uccang
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), kemarin. Kedatangan Hasyim untuk berkonsolidasi memastikan persiapan pemilu dan pemilihan serentak Tahun 2024 berjalan sesuai regulasi dan pedoman.

"Tujuan kedatangan kami ke Babel untuk bersilaturahmi dan konsolidasi, karena kami menyadari bahwa KPU tidak bisa bekerja sendiri dan dibutuhkan kerjasama berbagai pihak," ungkap Hasyim usai melakukan Rapat Persiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada), jadwal Pilkada serentak nasional akan berlangsung pada 2024, bersamaan dengan pemilihan umum presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa pembiayaan Pilkada Gubernur bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi, sementara Pilkada Bupati dan Walikota bersumber dari APBD Kabupaten/Kota, sehingga pihaknya bersama pemerintah daerah akan merumuskan agar pengalokasian APBD dilakukan secara proporsional.

Dia menyampaikan anggaran itu ditetapkan dengan mengacu pada rincian kebutuhan logistik Pemilu 2024. Misalnya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai daerah kepulauan membutuhkan biaya distribusi dan pengelolaan logistik yang berbeda dengan daerah lain.

Pertimbangan lainnya, waktu distribusi logistik yang bertepatan dengan musim hujan. Sehingga, distribusi membutuhkan transportasi khusus yang berimplikasi pada biaya yang lebih besar.

Untuk itu, ia berharap Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai mempersiapkan anggaran APBD mulai dari 2022-2024 untuk meminimalisir potensi sejak awal.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan