Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

7 Pemimpin Dunia Ini Kunjungi Ukraina saat Perang, tapi Jokowi Satu-satunya dari Asia

7 Pemimpin Dunia Ini Kunjungi Ukraina saat Perang, tapi Jokowi Satu-satunya dari Asia Kredit Foto: Twitter/Murtadha
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja ke negara Eropa. Bersama Iriana Widodo, Jokowi bakal mengunjungi Ukraina dan Rusia, untuk bertemu masing-masing presiden negara yang tengah berkonflik itu. 

Jokowi membawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina dan diagendakan untuk bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy dalam misi perdamaian.

Baca Juga: Jokowi Menuju Moskow, Para Pakar Mulai Bicara Kemungkinan Damai Rusia dan Ukraina

Tidak hanya Presiden Jokowi, empat pemimpin dunia yang menjadi kepala negara juga mengunjungi Ukraina. Siapa sajakah mereka?

Menyadur Time, ini daftar pemimpin hingga tokoh dunia yang menginjakkan kaki di Ukraina di tengah konflik dengan Rusia. 

1. Presiden Prancis

Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengunjungi Ukraina yang sedang dilanda perang tersebut pada 16 Juni lalu. Ia datang bersama dengan Perdana Menteri Italia Mario Draghi dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Kedatangan mereka merupakan bentuk solidaritas untuk Ukraina. Macron berjanji pihaknya akan mengirim enam senjata artileri. Orang nomor satu di Prancis itu juga mendukung upaya Ukraina untuk mengamankan Uni Eropa.

2. Presiden Komisi Eropa

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen juga sebelumnya pergi ke Ukraina pada 11 Juni 2022. Kedatangan Presiden Komisi Eropa tersebut bertujuan untuk membahas keanggotan Uni Eropa. 

3. Perdana Menteri (PM) Inggris

Boris Johnson juga berangkat ke Kyiv menemui Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky pada 9 Mei 2022 lalu. Dalam pertemuan, Perdana Menteri Inggris ini mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan paket berupa bantuan militer dan juga uang ke Ukraina.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan