Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Alasan Pertamina Tentukan Wilayah Uji Coba Pembelian BBM Subsidi Melalui MyPertamina

Ini Alasan Pertamina Tentukan Wilayah Uji Coba Pembelian BBM Subsidi Melalui MyPertamina Kredit Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero) menetapkan beberapa wilayah untuk melaksanalan uji coba sistem baru dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar harus mendaftarkan diri di website MyPertamina. 

Dalam uji coba pertama tersebut telah ditetapkan 11 kabupaten/kota yang tersebar di lima provinsi untuk uji coba tahap awal.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, yang merupakan anak usaha PT Pertamina, Irto Ginting mengatakan uji coba sistem pembelian BBM bersubsidi baru ini akan dilakukan secara bertahap dengan beberapa pertimbangan dalam penentuan wilayah uji coba.

 Baca Juga: Pertamina Sebut 80 Persen BBM Subsidi Dinikmati Kalangan Menengah Atas

"Kesiapan daerah infrastrukturnya apakah daerah tersebut banyak kebocoran, dekat dengan pertambangan ataupun industri-industri, ada beberapa pertimbangan, kita lihat dalam perkembanganya nanti," ujar Irto dalam konferensi pers virtual, Kamis (30/6/2022). 

Irto mengatakan, untuk tahap I akan berlaku dua minggu sejak dimulainya pendaftaran pada 1 Juli 2022. Menurutnya, selama uji coba ini, perseroan akan terus mengevaluasi penerapannya di lapangan, seperti seberapa banyak masyarakat yang mendaftar.

Adapun kebijakan baru Pertamina dalam penyaluran Pertalite dan Solar adalah mewajibkan pengguna mendaftar di website MyPertamina. Setelah mendaftar, pengguna akan terdaftar menjadi penerima BBM subsidi dan mendapatkan QR code untuk bertransaksi di SPBU.

"Kita akan me-review kembali wilayah-wilayah tadi mana yang siap. Nanti tentunya kita akan ajukan dalam proses untuk menggunakan QR code, tapi untuk saat ini kita akan review dulu progresnya," ujarnya.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel:

Video Pilihan