Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Saat Anies Baswedan Bicara Multikulturalisme di Chinatown Glodok

Saat Anies Baswedan Bicara Multikulturalisme di Chinatown Glodok Kredit Foto: Pemprov DKI Jakarta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gubernur Anies Baswedan menyebut Jakarta sudah memiliki ikon baru berupa Gapura Pecinan (Chinatown) di Glodok, Jakarta Barat, yang dibangun selama tiga bulan sejak Maret 2022.

"Tentu ini menjadi ikon dan menjadi pembeda Gapura Chinatown di seluruh dunia," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada peresmian Gapura Pecinan di Glodok, Jakarta, Kamis.

Namun tidak disebutkan biaya yang dikeluarkan untuk membangun gapura dengan dominasi warna abu-abu tersebut.

Pembangunan gapura tersebut merupakan partisipasi dan persembahan masyarakat keturunan Tionghoa di Jakarta.

Anies menuturkan rencana revitalisasi gapura tersebut awalnya pada 2018 namun urung dilaksanakan karena terganjal pandemi COVID-19.

Awalnya, gapura tersebut dibangun sekitar abad ke-18 dan direnovasi sekitar tahun 1938. Namun, gapura tersebut dirobohkan oleh tentara Jepang saat masa pendudukan di Indonesia.

"Kami ingin Jakarta bisa menghargai warisan budaya yang ada di kota ini. Kota ini kota global dimana warga berinteraksi dengan masyarakat dunia. Kawasan Chinatown bukti interaksi global itu," kata Anies.

Gubernur DKI itu menjelaskan gapura tersebut memiliki warna dominan abu-abu sehingga dinilai menjadi pembeda dengan gapura kawasan Pecinan di beberapa kota di dunia yang biasanya berwarna merah dan kuning.

"Gapura Chinatown seluruh dunia yang didominasi merah, kuning, khusus di Jakarta warnanya beton sehingga ini menjadi pembeda dengan tempat lain," katanya.

ant

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan