Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wamenkeu Minta Perbankan Perbanyak Akses Kredit untuk UMKM

Wamenkeu Minta Perbankan Perbanyak Akses Kredit untuk UMKM Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara meminta perbankan memperbanyak akses kredit kepada UMKM untuk mendukung pencapaian target kredit atau pembiayaan perbankan sebesar 30 persen untuk UMKM pada tahun 2024.   

“Bapak Presiden menyampaikan seyogyanya alokasi kredit perbankan untuk UMKM adalah 30 persen. Itu bukan mengubah klasifikasi. Artinya kita perbanyak UMKM kita, perbanyak aksesnya kepada perbankan. Target tahun 2024 sebesar 30 persen kita kerjakan bersama,” ujar Wamenkeu dalam acara Banking Service Excellence Awards 2022 yang diselenggarakan Infobank, mengutip dari siaran resmi Kementerian Keuangan, Kamis (1/7/2022). 

Baca Juga: Begini Pentingnya Program CSR Bagi UMKM, Simak!

Lebih lanjut, Wamenkeu mengatakan bahwa Kementerian Keuangan siap membantu perbankan terkait regulatory framework demi mencapai target 30 persen kredit untuk UMKM tersebut. 

“Kunci utama dari peran perbankan sebagai intermediary adalah kembali menyalurkan kredit kepada masyarakat. Demand-nya mulai ada, supply disruption-nya ada. Itu adalah pasar untuk Ibu Bapak sekalian menyalurkan kredit. Tentu dilakukan sesuai kemampuan,” ungkap Wamenkeu. 

Di sisi lain, Wamenkeu mengharapkan perbankan dalam melakukan fungsi intermediary juga ikut mendorong penggunaan produk dalam negeri. 

Baca Juga: Lagi Galau Soal Nasibnya, Eh Gus Nur Suruh Pegawai Holywings Bersyukur: Selama Ini Makan Gaji Haram!

“Bapak Presiden juga mengatakan beberapa waktu terakhir ini kalau kita belanja itu ya produk dalam negeri, baik untuk belanja pemerintah, apalagi belanja masyarakat. Ini akan menimbulkan multiplier yang luar biasa. Kunci kita salah satunya adalah produk dalam negeri atau tingkat kandungan lokal yang kita ingin maksimalkan,” kata Wamenkeu. 

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan