Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tanggung Jawab di Internet, Cegah Cyberbullying Lewat Berteman dengan Anak di Medsos

Tanggung Jawab di Internet, Cegah Cyberbullying Lewat Berteman dengan Anak di Medsos Kredit Foto: Kaspersky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengguna internet berasal dari bermacam negara yang memiliki perbedaan bahasa, budaya, dan adat istiadat. Netiket atau tatak krama dalam menggunakan internet membuat setiap harus mengikuti aturan di dunia digital seperti di dunia nyata.

“Ingat prinsip beretika di ruang digital. Pertama adalah memanusiakan manusia, memperlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan. Kemudian jaga diri kita dan orang lain, serta sadar konsekuensi,” ujar Relawan Mafindo, Dosen Praktisi, HR Professional, Rovien Aryunia, S.Pd., M.PPO., M.M saat Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat dan komunitas di wilayah Bondowoso, Jawa Timur, Selasa (28/6).

Baca Juga: Upayakan Perdamaian Rusia dan Ukraina, Jokowi Tak Seperti Hatersnya di Medsos, Cuma Bisa Caci Maki!

Idealnya etika di ruang nyata sama dengan di ruang digital. Sayangnya, menurut riset Microsoft, warga internet Indonesia dinilai paling tidak sopan se-Asia Pasifik. Catatan negatif ini dibuktikan masih tingginya kasus perundungan di dunia maya (cyberbullying) di Indonesia.

Cyberbullying dapat menyerang korban secara mental, emosional, dan fisik. Dalam kasus esktrem, cyberbullying bahkan bisa menyebabkan seseorang mengakhiri nyawanya sendiri. Orangtua punya peran penting mencegah anaknya menjadi korban.

“Kita bisa berteman dengan anak di media sosial, sehingga mengetahui kehidupan dan cerita dia. Apalai masa remaja merupakan masa transisi. Kita juga harus menjadi role model baik dalam etika bermedia digital,” ujar Rovien.

Baca Juga: Akuisisi Freakout Media, Adtree Digital Rambah Bisnis Digital Media

Trainer/Digital Marketing, Diaz Yasin A menyebutkan, pencegahan cyberbullying di mulai dari rumah. Edukasi penggunaan media sosial yang baik harus dilakukan sedini mungkin. Sebelum menjadi korban, setiap orang harus berusaha membuat orang di sekitarnya tidak menjadi pelaku.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan