Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bongkar Pembicaraan dengan Jokowi, Putin Beberkan Detail Operasi Militer Khusus Rusia ke Ukraina, Nggak Sangka!

Bongkar Pembicaraan dengan Jokowi, Putin Beberkan Detail Operasi Militer Khusus Rusia ke Ukraina, Nggak Sangka! Kredit Foto: Antara/BPMI-Laily Rachev
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Detail pertemuan tersebut pun dibongkar oleh Putin. Ia mengaku menjelaskan banyak hal kepada Jokowi, termasuk detail operasi militer khusus Rusia ke Ukraina.

Putin menyebut bahwa pembicaraannya dengan Jokowi pada Kamis (30/6/2022) lalu dilakukan dalam suasana seperti dialog bisnis dan sangat informatif.

Baca Juga: Kabar Baik, Ada yang Sangat Berarti buat Putin Setelah Jokowi Kunjungi Moskow karena...

"Terkait pembicaraan dengan Presiiden Joko Widodo, kegiatan dilakukan dalam suasana bisnis (business-like manner) dan sangat informatif," ujar Putin dalam keterangan pers Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Putin menegaskan Indonesia merupakan salah satu mitra kunci Rusia di kawasan Asia-Pasifik. Dia menyebut selama ini hubungan Indonesia dan Rusia berjalan secara konstruktif dan saling menguntungkan. Hal itu berdasarkan tradisi persahabatan yang baik dan saling membantu satu sama lain.

Selama dialog, Putin mengatakan dirinya dan Jokowi membahas isu regional dan internasional yang mendesak. Selain itu, berbagai pembahasan terkait kerja sama bilateral. Terutama di bidang ekonomi.

Baca Juga: Tatapan Dingin Putin saat Berbicara sampai-sampai Jokowi Dilirik Tanpa Senyuman

"Saya menginformasikan kepada Presiden Joko Widodo secara detil terkait situasi yang berkembang soal Ukraina. Rusia dan Indonesia tengah mengoordinasikan posisi dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi internasional lainnya. Termasuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yang akan diketuai oleh Indonesia tahun depan," paparnya.

Terkait hubungan bilateral, Rusia juga menaruh perhatian khusus. Terutama kerja sama perdagangan dan ekonomi. Selain itu, juga dibahas terkait kerja sama kemanusiaan, budaya, pariwisata, dan pendidikan.

Salah satunya pelonggaran pembatasan perjalanan terkait COVID-19 serta kebijakan bebas visa. "Terbuka kemungkinan untuk melanjutkan penerbangan langsung dari Moskow ke Bali. Terkait hal ini tengah didiskusikan oleh tim masing-masing negara," pungkasnya. 

Baca Juga: Wah! Omzet Pembiayaan Syariah Pegadaian Tembus Rp 477 Miliar

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: