Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Catat! Begini Cara Memilih Obat Herbal yang Aman untuk Kesehatan

Catat! Begini Cara Memilih Obat Herbal yang Aman untuk Kesehatan Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Obat herbal bisa menjadi pilihan, untuk jadi solusi sejumlah penyakit. Memilih obat herbal pun tidak bisa sembarangan, perlu memperhatikan sejumlah aspek untuk keamanan Anda. Hal penting dan yang paling utama dalam memilih obat herbal adalah, Anda harus mempelajari obat-obatan tersebut secara rinci. Konsultasi dengan dokter membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang obat-obatan herbal yang akan Anda konsumsi.

Tak kalah penting, ikuti petunjuk penggunaan dan konsumsi sesuai dengan ketentuan. Perbanyak referensi Anda dalam mempelajari obat herbal.

Baca Juga: Bikin Bangga! Obat Batuk Herbal Buatan Indonesia Tembus Pasar Amerika Serikat

Jika Anda menemukan gejala efek samping dan alergi, segera hentikan penggunaan. Turut dilansir dari Halodoc, berikut poin yang perlu Anda perhatikan dalam mempelajari obat herbal.

1. Kontraindikasi dan larangan

Pastikan cara pakai dan cara pakai dan konsumsi yang benar. Pastikan juga dosis yang tepat untuk dikonsumsi sesuai kadarnya. Tanyakan juga kepada dokter Anda, terkait kondisi kesehatan Anda apakah cukup aman mengkonsumsi obat herbal tersebut. Pastikan pantangan makanan, minuman, obat-obatan, dan aktivitas yang harus Anda hindari sewaktu minum obat herbal tersebut.

2. Efek samping

Terbuat dari bahan alami, tidak begitu saja membuat obat herbal jauh dari efek samping. Banyak herbal yang mengandung senyawa kimia alami berpotensi menimbulkan risiko efek samping merugikan. Efek samping yang mungkin terjadi akibat konsumsi obat alami, antara lain: alergi, ruam hingga asma.

Baca Juga: Investasi Ratusan Miliar, Indofarma Mau Genjot Pengembangan Bisnis Alat Kesehatan dan Herbal

3. Pastikan standar resmi

Standar kesehatan resmi akan membantu Anda menentukan keamanan obat herbal. Akan lebih mudah jika Anda memastikan label Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di kemasan obat herbal Anda. Standar BPOM turut memastikan legalitas dan kualitas,dari obat herbal yang Anda pilih.

"Dengan adanya sertifikasi halal MUI dan BPOM, Anda akan lebih mudah menentukan obat herbal sesuai kebutuhan, seperti yang disediakan Acep Herbal. Seluruh katalog obat herbal yang tersedia terpercaya dengan sertifikasi halal dan BPOM," ujar Acep Suherman, pemilik Acep Herbal. Secara online, Acep Herbal bisa didapat di Instagram @acepherbalofficialstore. Acep Herbal juga melengkapi kebutuhan obat herbal dengan sejumlah brand resmi mereka, Staminjoss, Walatra Hexabumin dan Radimax.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan