Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Ini Seperti Jokowi Joget di Depan Putin, Tapi Zelensky Bantah itu Lagunya Dia'

'Ini Seperti Jokowi Joget di Depan Putin, Tapi Zelensky Bantah itu Lagunya Dia' Kredit Foto: Antara/BPMI-Laily Rachev
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Ukraina membantah bila Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menitipkan pesan ke Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Menanggapi itu, pengamat politik Uchok Sky Khadaffi menilai bahwa sudah jelas bahwa misi yang dibawa Jokowi ke dua negara Eropa Timur tersebut bukanlah misi perdamaian, tapi jelas bahwa misi perdagangan.

"Jokowi masuk ke wilayah perang, sebetulnya dia bingung untuk apa. Apa untuk membawa misi perdamian, atau perdagangan. Ini malahan dia membawa misi perdagangan, dan melupakan misi perdamian.

Sebetulnya secara logika politik, mendamaikan dulu antara Rusia dengan Ukraina, secara otomatis jalur perdagangan pasti dibuka, atau permintaan Presiden Zelensky kepada Putin, tentang blokade pelabuhan Ukraina yang membuat ekspor biji-bijian terganggu, tetap harus dibicarakan dalam bingkai misi perdamaian.

"Akibat permintaan Zelensky kepada Putin, yang disampai oleh Jokowi mentah-mentah begitu saja, atau secara gamblang disampaikan kepada Jokowi, membuat Zelensky merasa tidak nyaman dan lalu membantah dan Rusia juga seperti nyaman. Makanya Saat Jokowi di Rusia, Ukraina Kembali Dibombardir, karena yang diperjuangkan Jokowi bukan negosiasi perdamaian tapi negosiasi perdagangan," tegasnya.

Baca Juga: BNI Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa di Tapanuli Utara

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: