Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kunjungan Jokowi ke Rusia-Ukraina Strategis Pulihkan Ekonomi Global

Kunjungan Jokowi ke Rusia-Ukraina Strategis Pulihkan Ekonomi Global Kredit Foto: Antara/BPMI-Laily Rachev
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pakar perdagangan ekonomi dunia  dan politik internasional Universitas Gadjah Mada(UGM) Riza Noer Arfani menilai kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia sangat strategis untuk pemulihan ekonomi global.

“Kalau tidak ada langkah-langkah terobosan terhadap perang ini kemungkinan harga minyak akan terus naik bisa menimbulkan resesi global dan stagflasi. Menimbulkan fenomena inflasi yang tinggi dibarengi dengan kemandekan ekonomi,” jelasnya.

Riza menambahkan kunjungan tersebut amat bermakna dan strategis karena pemulihan ekonomi yang sudah digagas sejumlah pihak, termasuk negara anggota G-20 saat ini sangat terancam akibat peperangan Rusia-Ukraina.

Jika perang itu berlangsung lama, menurut dia akan sangat berdampak pada 3 sektor penting, yaitu sektor pangan, energi dan sektor kesehatan.

“Kunjungan kali ini memperlihatkan sinyal politik luar negeri Indonesia tetap menginginkan adanya stabilitas di kawasan internasional. Politik luar negeri Indonesia tetap menginginkan perdamaian sebagai tujuan utamanya,”tegasnya.

Presiden Jokowi beserta rombongan kembali ke tanah air, kemarin setelah melakukan kunjungan kerja ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirat Arab (PEA) selama sepekan.

Saat ke Rusia, PresidenJokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (30/6) setelah sehari sebelumnya bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Dalam pertemuan ini, Jokowi dan Putin membahas terkait masalah rantai pasok pangan dan juga pupuk yang terdampak akibat perang. Akibat perang tersebut, ratusan masyarakat di dunia, khususnya di negara-negara berkembang terancam akan mengalami krisis pangan dan kelaparan.

Jokowi mengatakan adanya jaminan keamanan dari Presiden Putin untuk Ukraina agar bisa melanjutkan ekspor produk pangan, terutama melalui jalur laut.

“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia. Ini sebuah berita yang baik,” Kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Presiden Putin, di Kremlin, Moskow, Rusia.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan