Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Merinding! Nasib Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Hari Ini di Ujung Tanduk!

Merinding! Nasib Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Hari Ini di Ujung Tanduk! Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nasib nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini berada di ujung tanduk. Melansir RTI, rupiah hari ini melemah dan terus bergerak menuju level Rp15.000 per dolar AS. Sentimen inflasi Indonesia masih menjadi biang kerok pelemahan rupiah.

Diketahui, inflasi tahunan Juni 2022 di Indonesia berada di atas perkiraan, yakni 4,35% dan menjadi yang tertinggi sejak tahun 2017. Sementara itu, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk tetap menahan suku bunga acuan ketika bank sentral AS, The Fed, secara agresif menaikkan suku bunga acuan untuk memerangi inflasi. 

Baca Juga: Sinyal Bahaya! Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Hari Ini, 4 Juli 2022: Babak Belur!

"Untuk rupiah masih terpengaruh sentimen inflasi Indonesia. Nilai inflasi yang diumumkan pekan lalu lebih tinggi dari perkiraan," pungkas analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX), Revandra Aritama, dilansir dari RTI, Selasa, 5 Juli 2022.

Hingga saat ini, rupiah melemah -0,17% ke level Rp14.948 per dolar AS. Rupiah bahkan sempat jatuh lebih dalam di level Rp14.966 per dolar AS pada Selasa pagi. Tak hanya itu, rupiah keok atas dolar Australia (-0,28%), euro (-0,29%), dan poundsterling (-0,29%). 

Mayoritas mata uang Asia menekan rupiah, seperti yuan (-0,22%), dolar Hong Kong (-0,16%), dolar Singapura (-0,14%), ringgit (-0,06%), dan baht (-0,02%). Sementara itu, rupiah menguat atas won (0,17%), dolar Taiwan (0,16%), dan yen (0,12%). 

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel:

Video Pilihan