Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Baswedan dan Kandidat Capres Lainnya Pasang Kuping Baik-baik, Rocky Gerung Nggak Main-main: Capres Bukan Hanya Lulus Elektabilitas!

Anies Baswedan dan Kandidat Capres Lainnya Pasang Kuping Baik-baik, Rocky Gerung Nggak Main-main: Capres Bukan Hanya Lulus Elektabilitas! Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang tahun politik di 2024, manuver sejumlah partai politik (parpol) mulai terlihat dari pembetukan atau wacana koalisi.

Selain parpol, aktor politik atau kandidat calon presiden (capres) pun mulai banyak dibicarakan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto adalah 3 nama yang palig sering dikaitkan soal majumenjadi capres.

Paling tidak hasil survei elektabilitas menunjukkan hal tersebut. Ganjar dan Prabowo saat ini adalah dua sosok yang berada di lingkar kekuasaan Jokowi, sedangkan Anies Baswedan adalah sosok yang dianggap terkuat di luar lingkar kekuasaan Jokowi.

Menaggapi elektabilitas Anies Baswedan dan dua nama lainnya yang cenderung stabil tinggi, pengamat Politik Rocky Gerung angkat suara.

Menurut Rocky, sebagai capres seharusnya tidak hanya megandalkan elektabilitas, rocky menyebut ada dua hal lain yang lebih penting. Pertama adalah etikabilitas.

Baca Juga: Biar Pendukungnya Damai, Bagaimana Kalau Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Duet di Pilpres 2024? Analisis Refly Harun Tajam: Menurut Saya…

“Bahkan saya bikin standar capres itu dia bukan lulus elektabilitas. Pertama, dia mesti lulus etikabilitas, bahwa dia nggak pernah berbohong dan nggak pernah mengkhianati emak-emak misalnya,” ujar Rocky saat menjadi tamu di Youtube Refly Harun Channel dikutip Selasa (5/7/22).

Yang Kedua, adalah sosok capres harus punya apa yang dinamakan dengan intelektualitas atau kecerdasan.

Baca Juga: Perluas Kesempatan Kerja, Citi Indonesia Alokasikan Hibah Rp 12 Miliar

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: