Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Soal Posisi MenPAN-RB, Pengamat: Megawati Berikan ke Kader yang Loyal!

Soal Posisi MenPAN-RB, Pengamat: Megawati Berikan ke Kader yang Loyal! Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau biasa disebut Menpan RB meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Posisi MenPAN-RB saat ini diisi oleh Tito Karavian dengan status Ad-Interim, artinya kelak akan da lagi MenPAN-RB dengan status yang menetap.

Mengenai hal ini, Pengamat Politik sekaligus CEO & Founder Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai kriteria calon MenPAN-RB haruslah sosok yang loyal. Selain itu kriteria lain yang juga harus dimiliki oleh calon pengganti Tjahjo Kumolo nantinya adalah sosok yang berkontibusi besar di partai.

"Tentu Mega akan memberikan ke kader yang jelas berkontribusi, yang loyal, yang punya kinerja baik selama ini," kata Pangi dilansir dari Republika.co.id, Senin (4/7).

Ia meyakini Presiden Jokowi tidak akan melangkahi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam menunjuk siapa yang akan mengisi posisi Menpan RB. Nama itu akan muncul dari kantong Mega sendiri.

Baca Juga: Biar Pendukungnya Damai, Bagaimana Kalau Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Duet di Pilpres 2024? Analisis Refly Harun Tajam: Menurut Saya…

"Hanya Tuhan dan Mega yang tahu lah soal nama itu siapa yang cocok untuk mengganti Pak Tjahjo," ujarnya.

Sejumlah nama kepala daerah disebut-sebut akan menjadi pengganti Tjahjo seperti Ganjar Pranowo, Olly Dondokambey. Menurutnya menpan RB tidak harus dijabat oleh seorang yang pernah menjadi kepala daerah.

"Kan Pak Tjahjo Kumolo juga bukan kepala daerah," ucapnya.

Menurutya mungkin saja posisi itu akan diberikan untuk Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hal tersebut melihat Tjahjo merupakan mantan sekjen PDIP. Namun bagi Hasto, dikatakan Pangi, posisi sekjen adalah posisi paling terhormat.  "Artinya beliau (Hasto) belum akan pensiun sebagai sekjen," tuturnya.

Baca Juga: Tak Bisa Bohong! Puan Maharani Saat Bersama Wong Cilik Jadi Sorotan: Wajah Aslinya Keluar Saat Situasi Tak Nyaman...

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: