Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Industri Makanan dan Minuman Sumbang 37,77% PDB di Triwulan I

Industri Makanan dan Minuman Sumbang 37,77% PDB di Triwulan I Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Industri makanan dan minuman (mamin) berdampak signifikan terhadap industri pengolahan nonmigas maupun produk domestik bruto (PDB) nasional. Industri mamin menyumbang 37,77% dari dari PDB industri nonmigas pada triwulan I-2022.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan pertumbuhan industri mamin pada triwulan I-2022 lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan I-2021 yang mencapai 2,45%.

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus US$ 10,92 miliar termasuk minyak kelapa sawit dan mengalami neraca perdagangan yang positif bila dibandingkan dengan impor produk mamin pada periode yang sama sebesar US$ 3,92 miliar.

Dari sisi investasi, sampai dengan triwulan I tahun 2022, realisasi investasi untuk sektor industri makanan dan minuman mencapai Rp19,17 triliun,terdiri dari PMDN sebesar Rp9,34 triliun dan US$ 684,98 juta untuk PMA.

“Kinerja industri mamin yang mulai membaik tersebut, tidak lepas dari kerja keras seluruh pemangku kepentingan, mulai dari kementerian dan lembaga terkait hingga kalangan industri. Sehingga dapat menghasilkan pertumbuhan yang positif meski terkana dampak pandemi,” imbuhnya.

Baca Juga: Bank Mandiri Proyeksi Ekonomi Tumbuh Lebih Tinggi di Kuartal III 2022

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: