Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gerindra Sudah Punya Kandidat Cawapres Buat Prabowo, PKB: Sebagai Kawan, Kami Menantikan Keputusan dengan Riang Gembira

Gerindra Sudah Punya Kandidat Cawapres Buat Prabowo, PKB: Sebagai Kawan, Kami Menantikan Keputusan dengan Riang Gembira Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Partai Gerindra mengaku telah memiliki kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang akan berpasangan dengan Prabowo Subianto. PKB sebagai koalisi Gerindra angkat suara.

"Tentu kami sangat menghormati tahapan internal Partai Gerindra termasuk dalam menentukan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan mereka usung dalam Pemilu Serentak 2024. PKB juga mempunyai proses internal sendiri dalam menentukan capres-cawapres usulan kami," ujar Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda, dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Kamis, (7/7/2022). 

Baca Juga: Dasco Gerindra Ungkap Partainya Sudah Mengantongi Nama yang Akan Dipasangkan dengan Prabowo Sebagai Cawapres

Huda mengatakan, setiap partai politik mempunyai mekanisme internal yang harus dihormati termasuk Partai Gerindra. Meskipun telah menjadi kerja sama, tentu PKB tidak bisa serta merta ikut campur terhadap mekanisme internal dari Gerindra. 

"Kita ikuti bersama saja proses yang saat ini terjadi di internal Gerindra dalam menentukan pasangan calon presiden yang akan mereka usung. Sebagai kawan, kami akan menantikan apapun keputusan Gerindra dengan riang gembira," katanya. 

Proses yang sama, lanjut Huda, juga saat ini terjadi di internal PKB. Menurutnya, jajaran pengurus PKB saat ini terus menimbang-nimbang pasangan terbaik bagi Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar dalam Pemilu Serentak 2024. 

Baca Juga: PKS Gugat Presidential Threshold, Gerindra Langsung Mewanti-Wanti, MK Selama Ini...

"Tentu siapa pun yang akan kita sandingkan dengan Gus Muhaimin telah memenuhi berbagai kriteria yang kami tetapkan baik dari sisi ideologi, visi misi, hingga potensi untuk menang," katanya. 

Meja perundingan

Huda mengatakan, keputusan pasangan capres-cawapres yang diusung oleh Gerindra dan PKB bisa saja berbeda. Tetapi nanti sebagai kawan koalisi tentunya perbedaan yang terjadi akan diselesaikan di meja perundingan. 

"Misalnya keputusan Gerindra yang mengusung Pak Bowo sebagai calon presiden dan keputusan PKB yang mengusung Gus Muhaimin sebagai calon presiden, ini sudah jelas berbeda. Tidak mungkin dong dalam satu koalisi ada dua capres, maka perbedaan ini akan kita selesaikan di meja perundingan siapa yang capres dan siapa yang cawapres," katanya. 

Baca Juga: Bank Bjb Gandeng BPDP Kelapa Sawit Perluas Layanan Perbankan

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: