Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siapa Yang Akan Isi Kursi Menpan RB? Hasto Kristiyanto Langsung Disebut-Sebut

Siapa Yang Akan Isi Kursi Menpan RB? Hasto Kristiyanto Langsung Disebut-Sebut Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pertanyaan siapa sosok yang akan gantikan kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang saat ini kosong usai Tjahjo Kumolo meninggal dunia, masih terus berlanjut.

Sempat muncul beberapa nama yang digadang-gadang akan ditunjuk Presiden Jokowi ternyata masih menyisakan tanda tanya. Kendati DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengaku sudah menyerahkan sepenuhnya urusan pengganti Menpan RB itu pada pada Jokowi. Sampai saat ini belum ada kader partai merah itu yang ditunjuk mengantikan posisi Menpan RB. 

Baca Juga: Cuman Anies Baswedan Yang Bisa, Salat Id Tapi Menghadap Gambar Stadion

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai kewenangan menunjuk pengganti Cahyo Kumolo sebenarnya ada ditangan Megawati sebagai Ketua Umum Partai pengusung presiden. Banyak pilihan kader-kader terbaik partai berlogo moncong putih itu yang memiliki kapasitas untuk mengisi kekosongan di Kemenpan RB.

"Tentu hak absolut Megawati, pertama pasti orang terdekat ketua umum, kedua punya kapasitas kepemimpinan yang menonjol di PDIP,"kata dia dihubungi AKURAT.CO, Selasa (12/7/2022). 

Dedi mengatakan diantara kader PDIP yang cukup menonjol dan memahami esensi pekerjaan di Kemenpan RB diantaranya ada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, disusul mantan Wagub Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Akan tetapi tentu saja Megawati sedang menyaring tokoh-tokoh tersebut untuk ditugaskan di Kementerian. 

Baca Juga: Diteriaki 'Presiden 2024', Pantas Saja Banyak Pihak yang Tidak Senang dengan Anies Baswedan

"Melihat situasi itu, Hasto menjadi pilihan paling menonjol, lalu Djarot juga masuk nominasi, memahami birokrasi dan punya daya dukung publik," tambahnya. 

Baca Juga: LGBT Disebut Punya Hak Dilindungi Negara, Nicho Silalahi: Giliran Ada Korban KM 50, Kanjuruhan, Gak Kedengeran!

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Adrial Akbar

Advertisement

Bagikan Artikel: