Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Platform Ekonomi Kreatif untuk Konten Kreator, TipTip Resmi Hadir di Indonesia

Platform Ekonomi Kreatif untuk Konten Kreator, TipTip Resmi Hadir di Indonesia Kredit Foto: TipTip
Warta Ekonomi, Jakarta -

TipTip, sebuah platform untuk konten kreator di wilayah Asia Tenggara, pada hari ini, Rabu  (13/7/2022), secara resmi hadir untuk publik. Melalui acara Grand Launch yang dilaksanakan di Jakarta, TipTip turut memperkenalkan Triawan Munaf, selaku Presiden Komisaris TipTip. Selain itu dihadiri juga oleh berbagai konten kreator, antara lain Reisa Broto Asmoro, Babe Cabita, Fauzan Al Rasyid, dan Shane Cornish, CBS, IBCLC. 

Melansir dari pernyataan resminya, Albert Lucius, Founder TipTip, menjelaskan besarnya potensi dari ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia dan bagaimana TipTip hadir sebagai platform untuk mendukung konten kreator Indonesia untuk terus berkarya dan memanfaatkan peluang tersebut. Selain itu TipTip hadir dengan peluang monetisasi untuk para konten kreator, tanpa memerlukan audiensi yang besar. 

“Kami menyadari besarnya peluang yang belum tersalurkan dari para pelaku konten kreator di Indonesia. Kita memiliki berbagai talent dan konten berkualitas, sayangnya komunitas lokal belum berkembang sepenuhnya karena sulitnya membangun target audiensi," kata Albert.

Baca Juga: Startup Eks-anggota Pendiri Grab Raih Pendanaan Tahap Awal untuk Pengembangan D2C Brand Agregator

Albert menuturkan TipTip hadir untuk mengisi kesenjangan akan beberapa fitur penting yang dihadapi oleh kreator konten di negara-negara berkembang di wilayah Asia Tenggara, seperti kurangnya peluang monetisasi, pembayaran lokal & integrasi KYC (know-your-customer) yang terbatas, serta tantangan terkait pembuatan & distribusi konten melalui perangkat smartphone.

Diketahui, pertumbuhan konten kreator di Indonesia mengalami pertumbuhan yang besar, di mana pasar industri ini di Indonesia diprediksi mencapai Rp4 triliun hingga Rp7 triliun pada waktu mendatang. Berdasarkan Opus Creative Economy Outlook 2021, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 1,1 triliun rupiah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap 17 juta tenaga kerja. 

Mengomentari data tersebut, Presiden Komisaris TipTip, Triawan Munaf menjelaskan peranan dari TipTip sebagai platform yang berkontribusi pada pertumbuhan industri, terutama sebagai pemain lokal yang mengerti secara detail berbagai tantangan yang dihadapi oleh konten kreator di Indonesia. 

“TipTip hadir sebagai platform yang mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif Indonesia yang dapat mendorong inklusi keuangan bagi masyarakat. Tidak hanya menjadi sarana bagi para konten kreator dalam berkarya, platform ini turut memfasilitasi para masyarakat akan konten-konten yang edukatif dan berguna,” tambah Triawan.

TipTip sudah dapat diakses oleh masyarakat luas, para pengguna baik para konten kreator maupun masyarakat hanya perlu mengunjungi website www.tiptip.tv untuk melakukan registrasi, atau mengunduh aplikasi TipTip di Google PlayStore. Pengguna ekosistem Apple nantinya juga dapat mengunduh aplikasi TipTip di bulan Agustus 2022. 

Baca Juga: Kisah Agen BRILink Bantu Angkat Ekonomi Keluarga dan Masyarakat di Banjarmasin

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: