Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinergi Kementan dan BNPT Sukseskah Panen Raya Turen, DPR: Kerja Hebat, Hasil Nyata!

Sinergi Kementan dan BNPT Sukseskah Panen Raya Turen, DPR: Kerja Hebat, Hasil Nyata! Kredit Foto: DPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kawasan Terpadu Nusantara di Turen, Kabupaten Malang, menyelenggarakan panen raya yang dihadiri langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komjen Pol Boy Rafli Amar. Pemetikan hasil pangan di KTN Turen ini perdana dilakukan sejak diresmikan pada Maret 2022 lalu.

Memiliki luas 13,5 hektare, KTN Turen menghasilkan sekitar 80 ton jagung yang akan diolah menjadi benih jagung. Lahan ini diusahakan oleh mitra deradikalisasi dan masyarakat setempat dengan harapan menjadi sarana pencegahan terorisme sekaligus reintegrasi sosial bagi mitra deradikalisasi.

Baca Juga: Buntut Insiden Rumah Ferdy Sambo, DPR Bakal Panggil Jenderal Listyo Soal Tewasnya Brigadir J

Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan yang turut menghadiri panen tersebut mengapresiasi KTN Turen yang sudah menghasilkan buah manisnya. Dia mendukung penuh pelaksanaan pilot project KTN yang berlokasi di Turen dan berharap dapat dicontoh daerah lain. Radikalisme dan terorisme tidak semata menjadi tugas BNPT tetapi menjadi tugas bersama. Oleh karena itu, kerja konkrit seperti KTN Turen harus mendapat dukungan berbagai pihak.

"Kami Komisi III DPR RI dan kementerian lembaga pasti akan mendukung kerja hebat dan baik ini, BNPT ini bukan jadi tukang sapu bersih tapi bagaimana orang tidak mau melakukan aksi teror ini diimplementasikan dari kerja-kerja yang konkrit," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNPT optimis KTN Turen tidak hanya menjadi pusat pencegahan dan deradikalisasi semata, tetapi juga menjadi bagian dari ketahanan pangan dan menjadi roda penggerak perekonomian di wilayah melalui Koperasi Artha Harmoni.

Baca Juga: Biar Petani Sejahtera, Kementan Galakkan Program Kemitraan dan Jaminan Perlindungan

"Dengan nyata hari ini memberikan sebuah hasil, kami optimis hasil panen ini akan memiliki produksi hasil pertanian yang lebih besar lagi, kami berharap tempat ini menjadi bagian yang menggerakkan perekonomian Kecamatan Turen dengan mitra deradikalisasi," kata Boy Rafli.

Baca Juga: Jokowi Digugat ke Pengadilan Negeri Soal Dugaan Ijazah Palsu saat Pilpres 2019, Kalau Terbukti: Ngeri! Berarti Mereka...

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: