Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil Survei: Anies Baswedan dan AHY Menempati Posisi Pertama dalam Simulasi Empat Poros, Simak!

Hasil Survei: Anies Baswedan dan AHY Menempati Posisi Pertama dalam Simulasi Empat Poros, Simak! Kredit Foto: Okezone
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penjajakan oleh Partai Politik (Parpol) dalam menghadapi pemilu dan pilpres 2024 mulai gencar dilakukan.

Indopol Survei dan Consulting melakukan simulasi terhadap pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) berdasarkan empat poros koalisi. Poros pertama adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sendiri, dengan pasangan calon Puan Maharani-Erick Thohir.

Poros kedua adalah koalisi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Prabowo Subianto-Abdul Muhaimin Iskandar. Ketiga adalah koalisi Partai Nasdem-Partai Keadilan Sejahtera (PKS)-Partai Demokrat dengan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Poros terakhir adalah Koalisi Indonesia Bersatu, yakni Partai Golkar-Partai Amanat Nasional (PAN)-Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto.

"Maka, ini pasangan Anies dan AHY menempati posisi yang teratas dengan 34,72 persen," Direktur Eksekutif Indopol Survei dan Consulting, Ratno Sulistiyanto dalam rilis daringnya, Jumat (15/7).

Posisi kedua ditempati oleh pasangan Ganjar-Airlangga dengan perolehan 22,03 persen. Kemudian Prabowo-Muhaimin (17,40 persen) dan terakhir adalah Puan Maharani-Erick Thohir dengan perolehan sebesar 2,93 persen.

Baca Juga: Anies Baswedan Diminta Hati-hati dengan Kemungkinan Manuver Jusuf Kalla (JK), Analisis Refly Harun Tajam: Saya Pribadi Mengatakan Bahwa…

"Meskipun kemudian yang belum menjawab masih banyak yaitu 36,50 persen," ujar Ratno.

Meskipun pasangan Anies-AHY teratas, tetapi elektabilitas secara individu keduanya tidak berada di posisi pertama. Dalam simulasi lima nama, teratas adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 29,76 persen.

Kedua adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 23,33 persen. Kemudian Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (14,88 persen), Ketua Umum Partai Demokrat AHY (4,80 persen), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (4,47 persen).

Baca Juga: 4 Program Unggulan Anies Baswedan Ini Gagal Total, Bahkan Ada yang Dikorupsi: Gak Heran Kalau Angka Kemiskinan Naik!

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: