Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Partai dan Aktor Politik Mulai Bermanuver, Pengamat: Tatanan Politik Sekarang Masih Cair...

Partai dan Aktor Politik Mulai Bermanuver, Pengamat: Tatanan Politik Sekarang Masih Cair... Kredit Foto: Antara/Zarqoni Maksum
Warta Ekonomi, Jakarta -

Spekulasi-spekulasi politik tahun 2024 sudah dimulai dan dirasakan saat ini, bahkan penjajakan bakal capres-cawapres sudah dilakukan, apakah relevan?

Mengenai hal ini Pengamat politik yang juga sebagai Direktur Eksekutif Nusantara Institute PolCom SRC Andriadi Achmad menilai konstelasi politik masih sangat cair dan akan cenderung terjadi dinamika di masa-masa depan.

"Fiksasi politik sebetulnya baru akan terjadi sebelum pendaftaran capres-cawapres 2024 yaitu sekitar Agustus 2023," kata Andriadi dalam keterangan tertulis, Senin (18/7/2022).

Akan tetapi, kata Andriadi, sowan politik saat ini lebih ke pemanasan dan manuver politik.

Baca Juga: Kasus Tewasnya Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo Dapat Sorotan Tajam, Rocky Gerung Sebut Kapolri Punya Energi untuk “Membalikkan” Keadaan

Dia menyebut, seperti silaturahmi politik antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, kemudian mendeklarasikan diri sebagai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)Selanjutnya, silaturahmi politik antara Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Menurutnya, selain sowan politik antara sahabat lama, juga dalam rangka menjajal kemungkinan koalisi Pilpres 2024, walaupun belum ada kesepakatan politik."Saat ini hanya sekadar pemanasan politik jelang Pileg dan Pilpres 2024, artinya koalisi masih terbuka lebar untuk berubah," ucapnya. []

Baca Juga: Makin Meresahkan, OJK Temukan 105 Pinjol Ilegal

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: