Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wakil Ketua MPR RI Mendukung Rencana Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Mini dan Minyak Goreng Berbasis Koperasi

Wakil Ketua MPR RI Mendukung Rencana Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Mini dan Minyak Goreng Berbasis Koperasi Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI mengapresiasi dan mendukung rencana Pemerintah untuk membangun Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mini dan minyak goreng sawit berbasis koperasi.

Rencana tersebut disampaikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop-UKM) Teten Masduki dalam keterangannnya selepas mengikuti rapat terbatas yang dipimpim oleh presiden RI, Joko Widodo, Senin (18/7/22).   

Rencana ini disebut sebagai salah satu solusi untuk menyerap tandan buah segar (TBS) dari petani kelapa sawit yang kadang sulit dijual, harganya rendah, atau petani tidak punya teknologi untuk mengolah sawitnya menjadi CPO dan RPO.  

“MPR RI sangat mengapresiasi dan mendukung rencana ini dan diharapkan tidak hanya dihilirasisasi saja, tetapi juga terkait dengan hulunya dalam hal ini adalah bagaimana meningkatkan produktifitas TBS yang masih rendah, karena tidak delivery system (layanan sarana produksi yang prima) dan pembinaan oleh penyuluh pertanian,” ujar Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (20/7/22).

Baca Juga: Fadel Muhammad Imbau Masyarakat Segera Vaksinasi Booster: Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi Nasional Sangat Besar

Menurut Fadel, sistem yang memenuhi kriteria cepat/tepat waktu, harga layak, dan mudah sangat penting disediakan oleh koperasi yang meliputi penyedia bibibit berkualitas, pupuk dengan harga layak, jasa alat mesin pertanian dan permodalan agar produksi petani lebih efisien dan mendapat harga yang layak (reasonable price).

Fadel mengharapkan, rencana itu harus dibuat secara professional dan sistematis dimulai dengan identifikasi dan inventarisasi kawasan perkebunan rakyat yang memenuhi skala ekonomi, dan selanjutnya dibuat master plan dan detil engineering design-nya.  

Baca Juga: Buat Peraturan Baru di TNI, Jenderal Andika Disindir Dukung Pernyataan Luhut Soal Negara Super Power Mini: Maka Menurunkan...

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: