Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemnaker Sosialisasikan BP2MI dan Peluang Kerja di Luar Negeri di Poltekpel Sumbar

Kemnaker Sosialisasikan BP2MI dan Peluang Kerja di Luar Negeri di Poltekpel Sumbar Kredit Foto: Kemnaker
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor melakukan kunjungan kerja ke Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) pada Rabu kemarin. Kunjungan tersebut dalam rangka sosialisasi Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Kabupaten Padang Pariaman.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor mengatakan, taruna dan taruni yang dididik dan dibina di Poltekpel Sumbar tentu memiliki keahlian dan kompetensi yang sesuai dengan profesi. Diharapkan, taruna dan taruni memiliki potensi dan kesempatan kerja yang lebih besar.

Baca Juga: Jamsos Ketenagakerjaan Hak Dasar Bagi Buruh, Ini Kata Kemnaker!

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa bisa bertemu dengan taruna/i Poltekpel Sumbar. Adik-adik taruna rela jauh dari orang tua untuk menimba ilmu dan menambah bekal, sehingga nantinya bisa bekerja sesuai dengan profesi yang diharapkan. Tentunya, harus diiringi dengan kecakapan, kemampuan khusus, disiplin yang bagus, dan terus belajar untuk menambah skill. Sehingga, ketika lulus bisa langsung kerja”, ungkap Wamenaker dalam keterangan tertulinsya, Kamis (21/7/2022).

Menurutnya, taruna dan taruni dapat memanfaatkan sarana dan sistem yang disediakan oleh pemerintah sebagai upaya perlindungan kerja nantinya. Untuk itu, diharapkan kedepannya ada tindak lanjut dari sosialisasi ini dengan menjalin kerja sama.

“Saya berharap kami dari Kementerian Ketenagakerjaan dengan BP2MI bisa menjalin kerja sama dengan Poltekpel Sumbar nantinya. Tugas adik-adik mempersiapkan sebaik mungkin dan tugas negaralah yang menyediakan sarana dan sistem”, ungkapnya.

Direktur Perlindungan dan Pemberdayaan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI Seriulina Br Tarigan mengatakan, dengan keahlian khusus yang dimiliki, taruna dan taruni memiliki kesempatan yang terbuka luas untuk bekerja di kapal. Selama ini tercatat sudah banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di kapal-kapal luar baik kapal niaga, kapal pesiar, maupun kapal perikanan.

Baca Juga: Kematian Brigadir J Gampang Diungkap, Kendalanya? Terjadi di Rumah Irjen Ferdy Sambo, Jadi Harus...

Ia juga menjelaskan lebih lanjut terkait regulasi khusus yang mengatur tentang perlindungan tenaga kerja migran Indonesia yang bekerja di luar teritori Indonesia.

Baca Juga: Perluas Akses Pembiayaan, Bank Jago Tingkatkan Kerja Sama dengan BFI Finance hingga Gojek Tokopedia (GOTO)

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: