Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Baswedan-Ridwan Kamil Jadi Pasangan Paling Potensial di Pilpres 2024, Pilihan Hampir Setengah Masyarakat

Anies Baswedan-Ridwan Kamil Jadi Pasangan Paling Potensial di Pilpres 2024, Pilihan Hampir Setengah Masyarakat Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, berbagai survei untuk mengukur pilihan masyarakat terhadap tokoh politik mulai digembar-gemborkan oleh banyak lembaga. Teranyar, rilisan hasil survei dipublikasikan oleh Perkumpulan Kader Bangsa menggandeng Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC).

Dalam survei untuk menentukan capres-cawapres terfavorit itu, lima besar figur sebagai calon presiden (top of mind) adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ridwan Kamil dan Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Anies Menjelma Jadi Capres Jagoan Para Buruh, SPN DKI: Kami Memang Tidak Munafik, Ada Campur Tangan Anies

Salah satu yang mencuri perhatian adalah Anies Baswedan yang dipasangkan dengan sejumlah nama di Pemilu 2024. Hasil temuan survei tersebut, elektabilitas Anies paling meroket saat disandingkan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni sebesar 33,2 persen.

Sementara itu dengan pasangan lain seperti Airlangga Hartarto, responden hanya memilih sebesar 25,1 persen. Selanjutnya, disusul Muhaimin Iskandar-Anies Baswedan sebanyak 21,8 persen. Terakhir Anies Baswedan-Puan Maharani paling bontot 8,7 persen.

Baca Juga: Kesedihan Anies Baswedan Saat Akui Sudah Kalah Saing dari Ridwan Kamil: Beginilah Nasib Kalah dari Gubernur Tetangga!

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada periode 21 Juni hingga 5 Juli 2022. Jumlah sampel 1,225 responden, terbagi secara proposional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019.

Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara telepon menggunakan kuesioner terstruktur; oleh 40 enumerator. Sampel ditentukan dengan acak bertingkat atau Multistage Random Sampling. Dengan margin of error +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Bank Bjb Gandeng BPDP Kelapa Sawit Perluas Layanan Perbankan

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: