Riset: Ilmuwan Awasi Kecerdasan Ekstraterestrial pada Peradaban Alien Luar Tata Surya Kredit Foto: Unsplash/Ai Takeda

Lampu-lampu kota peradaban alien di planet luar tata surya telah menjadi perhatian bagi para ilmuwan yang mencari tanda-tanda teknologi luar angkasa.

Jurnal Acta Astronautica melaporkan hal tersebut dalam studi terbarunya yang dipublikasikan secara daring pada bulan Juni 2022.

Studi tersebut menyajikan kesimpulan lokakarya Agustus 2020 yang disponsori oleh NASA dan Institut Sains Antariksa Blue Marble di Seattle.

Sampai saat ini, pencarian kecerdasan ekstraterestrial (SETI) umumnya berfokus pada sinyal radio.

Akan tetapi menurut studi tersebut, cahaya optik dengan panjang gelombang yang lebih pendek juga merupakan tanda teknologi yang potensial.

Misalnya, alien bermata tajam yang mengamati sisi malam Bumi mungkin dapat menyimpulkan keberadaan kita melalui emisi dari lampu-lampu kota di sini, meskipun emisi tersebut relatif terkonsentrasi.

Studi tersebut juga memperkirakan bahwa  peradaban maju di planet ekstrasurya mungkin telah membangun kota di atas permukaan planet mereka secara signifikan.

"Planet-planet yang lebih urban ini akan memiliki kecerahan malam yang lebih tinggi dari lampu-lampu kota, dan karenanya lebih mudah untuk dideteksi," tulis para penulis studi.

Studi ini juga mendesak komunitas astronomi yang lebih luas untuk berpikir serius tentang kemungkinan mendeteksi tanda-tanda teknologi.

“Alat untuk menemukan tanda-tanda teknologi mungkin sudah tersedia, tetapi akan membutuhkan upaya masyarakat luas untuk mulai mencari," beber peneliti.

"Perpanjangan logis untuk pencarian kehidupan di luar bumi melalui biosignatures adalah pencarian bukti teknologi luar angkasa," tambahnya.